Fitur Terbaru dari WhatsApp Bisa Ikuti Akun yang Diminati, Begini Cara Gunakan Fitur Channels WhatsApp

JABAR EKSPRES- Berikut adalah fitur terbaru pada WhatsApp yang dikenal sebagai “Channels” pada tahun 2023. Fitur ini dirancang untuk memberikan cara yang sederhana dan privat bagi pengguna untuk mendapatkan informasi terkini dari organisasi atau rekan mereka.

Fitur Channels ini memungkinkan pengguna untuk mengirim berbagai konten seperti teks, foto, video, stiker, dan polling. Pengguna dapat memilih Channel yang ingin mereka ikuti berdasarkan direktori yang tersedia, termasuk kategori seperti hobi, tim olahraga, dan lainnya. Sayangnya, saat ini Channels baru tersedia di beberapa negara tertentu, namun akan segera dapat digunakan di Indonesia dalam waktu dekat.

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat Channels di WhatsApp:

  • Buka WhatsApp di ponsel Anda dan ketuk tombol “Updates”.
  • Ketuk ikon tambah (+), lalu pilih “New Channel”.
  • Ketuk “Get started”, dan kemudian setujui Terms of Service and Privacy Policy dengan mengetuk “Ok”.
  • Berikan nama untuk Channel Anda, seperti contohnya “Sindonews”. Anda dapat mengganti nama Channel kapan pun yang Anda inginkan.
  • Anda dapat melakukan kustomisasi tambahan dengan menambahkan deskripsi dan logo atau gambar untuk Channel Anda.
  • Deskripsi akan membantu pengikut memahami isi dari Channel Anda.
  • Logo atau gambar Channel akan membantu membedakan Channel Anda dan membuatnya mudah dikenali.
  • Setelah itu, ketuk “Create”, dan Channel Anda akan aktif.

WhatsApp menjelaskan bahwa mereka sedang mengembangkan tab baru yang disebut “Updates” di mana pengguna dapat menemukan Status dan Channels yang mereka ikuti, yang terpisah dari percakapan dengan keluarga, teman, dan komunitas. Channels merupakan fitur siaran satu arah yang memungkinkan admin mengirim berbagai konten seperti teks, foto, video, stiker, dan polling. Untuk membantu pengguna dalam memilih Channels yang ingin mereka ikuti, WhatsApp menyediakan direktori yang mencakup berbagai kategori seperti hobi, tim olahraga, informasi terbaru dari otoritas setempat, dan banyak lagi.

Selain itu, pengguna juga dapat mengikuti Channel melalui undangan yang dikirimkan oleh teman mereka melalui chat, email, atau di-posting secara online. WhatsApp memiliki visi untuk membangun layanan siaran yang paling privat, dengan melindungi informasi pribadi admin dan pengikut. Sebagai admin Channels, nomor telepon dan foto profil tidak akan ditampilkan kepada pengikut. WhatsApp juga menekankan bahwa pembaruan dalam Channels tidak harus disimpan selamanya. Riwayat Channels hanya akan disimpan di server selama 30 hari, dan akan ada opsi untuk menghapus pembaruan lebih cepat dari perangkat pengikut. Admin juga memiliki kemampuan untuk memblokir tangkapan layar dan pesan yang diteruskan dari Channel mereka.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan