Wagub Jabar Ingatkan Santri Agar Miliki Tiga Kekuatan Penting Jika Ingin Sukses

JABAR EKSPRES, CIREBON – Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat (Jabar) Uu Ruzhanul Ulum mengingatkan para santri Pondok Pesantren (Ponpes) Darurrohmah untuk memiliki tiga kekuatan penting apabila ingin meraih kesuksesan.

Menurut Pak Uu, kekuatan pertama ialah kudu boga kahayang (harus punya cita-cita), kedua, kudu boga kadaek (harus punya kemauan), dan ketiga kudu boga kawani (harus punya keberanian).

“Kalau sudah ada tiga kekuatan itu, harus dikuatkan dengan meluruskan niat, menguatkan tekad, dan memaksimalkan syariat atau ikhtiar,” kata Uu Ruzhanul Ulum di hadapan para santri saat mengunjungi Ponpes Darurrohmah, Desa Kertasari, Kecamatan Weru, Kabupaten Cirebon, Kamis (8/6/2023).

Baca juga: 5 Tahun Bersama Ridwan Kamil Membangun Jabar, Begini Harapan Uu Ruzhanul!

“Dulu, saya juga santri seperti adik-adik, karena itu saya titip pesan bahwa untuk menjadi orang yang sukses, harus memiliki tiga hal tersebut,” ujar Uu Ruzhanul Ulum.

Pak Uu juga mengakui, kunci hidup ialah harus memiliki rasa hormat kepada orang tua, guru, terhadap ilmu, dan tidak lupa terus memanjatkan doa.

Pasalnya, doa merupakan salah satu ikhtiar untuk menggapai kesuksesan, sehingga para santri Ponpes Darurrohmah pun diingatkan untuk tidak lupa berdoa setiap hari.

Pria yang merupakan politisi PPP itu pun mengajak masyarakat Jawa Barat, khususnya Kabupaten Cirebon, agar tidak ragu memasukkan anak-anaknya untuk menuntut ilmu di pesantren.

“Bismillah, mondok saja. Sekolah dan mondok adalah pilihan terbaik untuk masa depan terbaik bagi anak-anak kita,” kata Uu Ruzhanul Ulum.

Ia menyampaikan, pesantren memiliki andil besar terhadap negara, karena ikut mencerdaskan anak bangsa, meski sebenarnya hal tersebut menjadi tugas negara.

Karenanya, Pak Uu pun berterima kasih terhadap dunia pesantren, dan mengakui kehadirannya kali ini ingin membangun komunikasi dengan para kyai dan para tokoh.

“Sebenarnya pendidikan adalah tugas dan tanggung jawab pemerintah, tapi sekarang dibantu para kiai melalui lembaganya yang hebat, dan santrinya juga hebat,” ujar Uu Ruzhanul Ulum.

“Ini adalah sumbangsih yang sangat luar biasa bagi pemerintah, kami atas nama Pemprov Jabar mengucapkan terima kasih,” kata Uu Ruzhanul Ulum.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan