Sebanyak 20 Orang Jadi Korban Kebakaran di Bandung, 1 Tewas 19 Terluka

JABAR EKSPRES, BANDUNG – Kebakaran Pasar Caringin yang terjadi pada Rabu (7/6) lalu cukup menyita perhatian. Karena sampai menyebabkan satu orang tewas dalam kejadian tersebut.

Menurut data Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung, kebakaran yang sampai menyebabkan korban jiwa di Kota Bandung selama 2023 ini bukan kali pertama. Hanya saja sebelum – sebelumnya, korban tidak sampai tewas.

Kepala Diskar PB Kota Bandung Gun Gun Sumaryana mengungkapkan, selama 2023 hingga 9 Juni ini tercatat ada 103 kejadian kebakaran di Kota Bandung. “Itu awal 2023 sampai sekarang (9Juni.red),” jelasnya kepada Jabar Ekspres, Jumat (9/6).

Gun Gun merincikan, dari 103 kejadian itu terbagi dalam beberapa objek kebakaran. Di antaranya bangunan perumahan 42 kali, pabrik 1 kali, gardu listrik atau kabel 14 kali, kendaraan 7 kali, bangunan umum seperti toko kios kantor gudang ada 28 kali, alang – alang atau tumpukan sampah 6 kali, dan lain – lain ada 5 kali kejadian.

“Lain – lain itu seperti lampu, atau hiasan dinding,” imbuhnya.

Gun Gun melanjutkan, dalam kejadian – kejadian itu juga tercatat ada 20 orang korban manusia. Dengan rincian 1 orang meninggal dan 19-nya luka bakar hingga lecet.

“Kalau yang sampai tewas hanya satu,” sambungnya.

Diskar PB Kota Bandung juga mencatat ada sejumlah hal yang jadi penyebab kebakaran di Kota Bandung. Terbanyak adalah faktor listrik dengan 14 kali kejadian.

Kemudian disusul faktor gas atau kompor dengan 14 kali kejadian. Penyebabnya masih belum tercacat karena masih dalam penyelidikan.

Diharapkan masyarakat juga bisa lebih waspada terkait sejumlah kegiatan yang bisa memicu kebakaran. Misalnya lupa mematikan kipas angin atau mematikan kompor ketika meninggalkan rumah.

Seperti yang diketahui, si jago merah sempat membakar bangunan di Pasar Caringin Rabu (7/6) siang. Api mulai membesar sekitar pukul 14.00.

Sedikitnya ada 4 ruko di blok 2 yang ludes terbakar. Kebakaran berlangsung hingga pukul 18.30. Sebanyak 20 unit mobil pemadam kebakaran sampai dikerahkan untuk memadamkan api di lokasi itu. Dalam kejadian itu satu orang pegawai toko  tewas.(son)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan