Cara Mendapat Set Top Box Gratis Ternyata Mudah Banget, Yuk Cek di Sini!

JABAR EKSPRES – Simak cara mendapat Set Top Box gratis dari pemerintah yang masih dibagikan kepada masyarakat.

Bagi Anda yang belum kebagian bantuan STB gratis, berikut ini ulasan mengenai cara mendapat Set Top Box gratis dari pemerintah.

Cara mendapat Set Top Box gratis ini ternyata cukup mudah, dan bisa Anda daftarkan sekarang juga.

Pembagian bantuan STB gratis ini sebetulnya sudah dilaksanakan sejak tahun lalu, namun masih ada beberapa wilayah yang belum mendapatkannya.

Direktur Penyiaran Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informastikan (Ditjen PPPI) Kemenkominfo Geryantika Kurnia mengatakan bahwa distribusi STB untuk keluarga miskin wilayah Sulawesi Selatan 1 mencapai 65 persen dan wilayah Sumatera Utara 1 mencapai 30 persen.

“Sesuai kriteroan analog switch off (ASO) di wilayah sebelumnya, siaran TV analog akan dihentikan setelah distribusi STB untuk rumah tangga miskin (RTM) mencapai 90 persen,” kata Gery.

Lebih lanjut, Gery menyebutkan saat ini baru terdistribusi sebesar 33.671 unit STB untuk RTM di Sulawesi Selatan 1 dari total 51.669 unit STB atau sekitar 65 persen.

Adapun wilayah siaran Sulawesi Selatan 1 meliputi Kota Makassar, Kabupaten Gowa, Kabupaten Takalar, Kabupaten Maros, serta Kabupaten Pangkajene, dan Kepulauan.

Sementara untuk Sumatera Utara 1 baru sekitar 28.604 unit STB yang terdistribusi untuk RTM dari total 94.487 unit STB atau sekitar 30 persen.

Wilayah siaran Sumatera Utara 1 meliputi Kota Medan, Kota Binjai, Kota Tebing Tinggi, Kabupaten Langkat, Kabupaten Deli Sedang, dan Kabupaten Serdang Badagai.

“Jawa mendekati 100 persen, rata-rata 11 kota besar penetrasi digital sudah mencapai 92 persen menuju normal 100 persen, dan dampak terhadap penetrasi digital nasional lebih dari 76 persen,” ujar Gery.

Cara Mendapatkan STB Gratis

Bagi Anda yang belum mendapatkan bantuan STB gratis, berikut cara mendapat Set Top Box gratis dari pemerintah.

  1. Instal aplikasi Cek Bansos di Playstore HP Anda.
  2. Siapkan NIK KTP untuk daftar Set Top Box STB gratis.
  3. Pilih menu “Buat Akun Baru”.
  4. Pilih “Tambah Usulan”.
  5. Kemudian, nama penerima STB gratis, NIK KTP, KK, dan status yang disesuaikan akan dimunculkan otomatis oleh sistem.
  6. Selanjutnya, pilih jenis bansos yang dibutuhkan (pilih bansos STB).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

2 komentar