7 Wisata Liburan Sekolah Terfavorit di Kabupaten Bandung yang Siap Membuatmu Terpesona

5. Observatorium Bosscha

Nah, kalau kamu suka sama bintang-bintang, jangan sampai melewatkan Observatorium Bosscha. Tempatnya terkenal banget di Kabupaten Bandung. Jadi, awalnya observatorium ini didirikan oleh Karel Albert Rudolf Bosscha, dibantu sama si keponakannya dan astronom Hindia Belanda, Joan George Erardus Gijsbertus Voûte, Bosscha.

Mulai resmi beroperasi tanggal 1 Januari 1923, terus diambil alih oleh Pemerintah Indonesia tanggal 17 Oktober 1951. Sampai sekarang, Observatorium Bosscha masih jadi observatorium terbesar di Indonesia, dan bangunan ini juga diakui sebagai cagar budaya tingkat nasional, loh!

Baca Juga: Wisata Bandung, 4 Destinasi Liburan Instagramable di Jawa Barat

6. Goa Belanda

Gua ini bikin penasaran banget, namanya Goa Belanda. Lokasinya di Taman Hutan Raya Ir. H. Juanda, Dago Pakar, Kabupaten Bandung. Awalnya dibangun tahun 1901 buat keperluan pembangkit listrik tenaga air, tapi pada tahun 1918, Belanda tambahin lorong dan koridor di dalamnya. Sekarang gua ini jadi tempat wisata yang seru, di sana bisa ngeliat sisa-sisa bangunan yang kuno dan bikin kita bayangin zaman dulu.

7. Candi Cicalengka

Tempatnya di Desa Tenjolaya, Kecamatan Cicalengka, Kabupaten Bandung. Candi ini juga dipanggil Pasir Candi, karena bentuk bukitnya mirip candi gitu. Kalau kamu naik ke atas bukitnya, dari sana bisa lihat pemandangan keren banget, kaya permukiman warga, Gunung Kerenceng yang ada di lembah, dan sawah-sawah yang luas. Pokoknya nggak nyesel deh buat ngabisin waktu di sini!

Itulah 7 tempat wisata di kabupaten Bandung yang akan membuatmu terpesona.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan