Tesla: Pertimbangkan Investasi Otomotif di Spanyol!

JABAR EKSPRES  – Produsen mobil listrik Amerika Serikat, Tesla (TSLA.O), sedang dalam pembicaraan dengan para pemimpin pemerintah daerah Valencia di Spanyol untuk melakukan investasi otomotif, Kamis (8/6).

Juru bicara pemerintah daerah Valencia mengatakan bahwa mereka telah mengadakan pertemuan dan percakapan dengan perusahaan yang tidak diidentifikasi tentang “investasi otomotif besar”. Pihaknya menolak memberikan rincian lebih lanjut, dengan alasan kerahasiaan negosiasi.

Sumber lainnya mengonfirmasi, bahwa perusahaan yang dimaksud adalah Tesla. Surat kabar bisnis Spanyol, Cinco Dias, mengatakan bahwa investasi tersebut  berupa pabrik mobil dan ukurannya secara keseluruhan bisa mencapai 4,5 miliar euro ($4,83 miliar).

Baca juga: 7 Cara Memberikan Masukan yang Baik dan Efektif!

Dalam sebuah pernyataan, pemerintah Valencia membantah bahwa ada perjanjian yang ditandatangani dengan Tesla. Tesla tidak memberikan komentar apapun. Selain itu, pemerintah pusat Spanyol turut menolak berkomentar apapun.

Spanyol adalah produsen mobil terbesar kedua di Eropa, dan sedang menggunakan dana pemulihan pandemi COVID dari Uni Eropa untuk menarik produsen mobil untuk berinvestasi dalam pembuatan baterai dan kendaraan listrik. Uni Eropa berencana untuk menghentikan mobil termal.

Pembuat mobil Jerman, Volkswagen, mengatakan tahun lalu bahwa mereka akan berinvestasi 10 miliar euro untuk membangun pabrik baterai dengan kapasitas 40 GWh di Sagunto, dekat Valencia, dengan produksi dimulai pada tahun 2026.

Valencia, di Spanyol timur, juga menjadi lokasi pabrik pembuatan mobil untuk Ford, yang berencana untuk mulai memproduksi kendaraan listrik di sana.

Saat ini, satu-satunya pabrik mobil Tesla di Eropa – yang sangat penting bagi CEO Tesla, Elon Musk, untuk mencapai ambisinya dalam mengalahkan pemimpin pasar Eropa, Volkswagen (VOWG_p.DE) – terletak di negara bagian Jerman, Brandenburg.

Pabrik tersebut dibangun tahun lalu dan pada bulan Februari tahun ini sudah memproduksi 4.000 mobil per minggu.

Musk mengatakan, pada bulan Mei, perusahaan otomotif tersebut kemungkinan akan memilih lokasi untuk pabrik baru pada akhir tahun ini, tanpa menyebutkan di mana.

Selain itu, pada bulan Mei juga, dia menghadiri “Choose France”. Sebuah pertemuan investasi di Versailles, Paris. Di mana dia bertemu dengan Presiden Prancis, Emmanuel Macron dan mengatakan dia yakin Tesla akan melakukan “investasi signifikan” di Prancis di masa depan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan