Rambut Berminyak? Tips Cara untuk Merawat Rambut Berminyak

JABAR EKSPRES – Rambut berminyak sering menjadi masalah bagi banyak orang. Banyak yang berpikir bahwa satu-satunya cara untuk mengatasinya adalah dengan keramas setiap hari agar rambut tidak terlihat lepek dan kusam.

Namun, sebenarnya ada cara yang lebih baik untuk merawat rambut berminyak tanpa harus keramas setiap hari, bahkan hal tersebut dapat memperburuk kondisi kulit kepala dan menyebabkan masalah rambut lainnya.

Sebelum kita membahas cara-cara merawat rambut berminyak, penting untuk memahami penyebab terjadinya kelebihan minyak pada rambut yang membuatnya terlihat lepek dan kusam.

Kulit kepala manusia memiliki kelenjar minyak yang menghasilkan minyak alami atau sebum. Kadang-kadang, kelenjar minyak ini bekerja terlalu aktif, sehingga terjadi produksi minyak yang berlebihan pada kulit kepala.

Hal ini menyebabkan rambut sering terlihat lepek, kusam, mudah rontok, dan kusut.

Penyebab rambut ber-minyak bisa bervariasi, mulai dari faktor genetik, hormon androgen yang dialami wanita saat menstruasi, masa remaja, atau kehamilan, hingga kondisi penyakit tertentu seperti dermatitis seboroik yang ditandai dengan munculnya ketombe, bercak merah pada kulit kepala, rasa gatal, dan rambut yang lepek berminyak.

Baca juga : Tips Rahasia Awet Muda yang Murah dan Ampuh!

Selain itu, kebiasaan mengelus rambut juga dapat mempengaruhi kondisi rambut, terutama jika tangan tidak dalam keadaan bersih atau baru saja menyentuh makanan berminyak.

Selain itu, penggunaan produk perawatan rambut yang tidak cocok juga bisa menjadi penyebab rambut berminyak.

Berikut ini adalah 5 cara untuk merawat rambut ber-minyak dengan benar:

1) Mencuci rambut secara teratur

Banyak orang berpikir bahwa rambut berminyak harus dicuci setiap hari. Namun, sebenarnya yang benar adalah keramas setidaknya 3-4 kali dalam seminggu, bukan setiap hari.

Gunakanlah shampoo khusus untuk rambut ber-minyak agar rambut tidak cepat lepek.

Kamu juga bisa mencoba membuat shampoo alami dari teh hijau dan cuka sari apel, kedua bahan ini dapat membantu menjaga pH kulit kepala.

Selain shampoo, kamu juga dapat menggunakan masker khusus seperti lidah buaya untuk mengurangi produksi minyak.

Lidah buaya memiliki khasiat yang dapat membuat rambut lebih sehat dan berkilau.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan