Mau ke Bandung? Kamu Wajib Cobain Kuliner Khas Bandung

Jabar Ekspres – Kota Bandung, ibu kota Provinsi Jawa Barat, tidak hanya terkenal dengan alamnya yang indah, tetapi juga dengan beragam kuliner khas yang menggugah selera.

Para pengunjung dari berbagai penjuru Indonesia dan mancanegara sering kali memasukkan kuliner Bandung dalam daftar kunjungan mereka. Inilah beberapa hidangan yang harus Anda coba ketika berkunjung ke Bandung.

BACA JUGA: SATE! SATE! Yuk Kulineran Sate di Bandung, Ini Rekomendasinya!

1. Mie Kocok
Mie Kocok adalah hidangan mie dengan kuah kaldu sapi yang kental dan gurih. Mie ini disajikan dengan irisan daging sapi, tauge, sawi hijau, dan taburan bawang goreng. Rasanya yang lezat membuat Mie Kocok menjadi salah satu hidangan yang paling dicari di Bandung.

2. Batagor
Batagor merupakan kependekan dari Bakso Tahu Goreng. Hidangan ini terdiri dari adonan bakso ikan yang digoreng garing, tahu, dan disajikan dengan saus kacang yang kaya rasa. Batagor biasanya disantap bersama dengan mi atau bihun, serta ditaburi bawang goreng dan kecap manis.

3. Nasi Timbel
Nasi Timbel adalah nasi yang dikukus dengan daun pisang. Hidangan ini biasanya disajikan dengan lauk-pauk seperti ayam goreng, ikan goreng, tempe goreng, tahu goreng, dan sambal. Nasi Timbel memiliki aroma yang khas dan rasa yang menggugah selera.

4. Cireng
Cireng, singkatan dari Aci Goreng, adalah camilan khas Bandung yang terbuat dari tepung kanji yang digoreng. Cireng memiliki tekstur yang kenyal di bagian dalam dan renyah di bagian luar. Biasanya, cireng disajikan dengan saus kacang atau saus sambal.

BACA JUGA: Murah Meriah! Rekomendasi Kuliner Malam di Bandung

5. Surabi
Surabi adalah sejenis kue tradisional Bandung yang terbuat dari adonan tepung beras yang difermentasi. Kue ini biasanya disajikan dengan kelapa parut dan gula merah cair sebagai topping atau dengan oncom. Rasanya yang asin dan ada yang manis dan teksturnya yang lembut membuat surabi menjadi camilan yang sangat digemari di Bandung.

6. Soto Bandung
Soto Bandung adalah varian soto yang khas dari daerah Bandung. Soto ini memiliki kuah bening yang gurih dan beraroma sedap. Biasanya, soto Bandung disajikan dengan irisan daging sapi, tauge, daun seledri, dan bawang goreng. Rasanya yang segar dan hangat membuat soto Bandung menjadi hidangan yang sempurna untuk menikmati udara sejuk kota Bandung.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan