Wisata Hutan Alam Babakan Siliwangi Bandung

JABAR EKSPRES – Jika mencari tempat wisata alam di Bandung yang lokasinya tidak jauh dari pusat kota, maka Hutan Kota Babakan Siliwangi bisa menjadi pilihan.

Hutan Kota Babakan Siliwangi ini menjadi salah satu destinasi wisata Bandung yang dapat memberikan kenyamanan saat dikunjungi.

Berada di tengah-tengah Kota Bandung, wisata Babakan Siliwangi berlokasi di Jalan Tamansari No.90, Kecamatan Coblong, berdekatan dengan kampus Institut Teknologi Bandung (ITB).

Menurut sejarahnya, kawasan Babakan Siliwangi ini merupakan area lembah yang dibentuk oleh Sungai Cikapundung sejak puluhan ribu tahun yang lalu. Warga setempat pun meyakini bahwa Babakan Siliwangi ini merupakan warisan alam asli milik Kota Bandung.

Di Babakan Siliwangi, pengunjung dapat menikmati pemandangan hutan yang indah dengan udara yang menyegarkan. Selain itu, terdapat fasilitas jembatan gantung yang biasanya pengunjung gunakan untuk berfoto.

Selain jembatan gantung, di Babakan Siliwangi juga terdapat jalur khusus untuk pejalan kaki yang ingin menikmati sejuknya hutan kota tersebut, disebut dengan forest walk.

Tentunya, di Babakan Siliwangi juga terdapat beberapa spot foto yang menarik untuk diabadikan. Tidak perlu khawatir, jika merasa kelelahan, pengunjung dapat beristirahat sejenak di kursi-kursi taman yang tersedia.

Hutan Kota Babakan Siliwangi buka setiap hari dan dapat dikunjungi mulai pukul 08.00-18.00 WIB. Untuk mengunjungi wisata Bandung yang satu ini, tidak dipungut biaya apa pun. Tetapi, siapkan sejumlah uang untuk membayar parkir jika datang membawa kendaraan pribadi.

Karena lokasinya yang tidak jauh dari pusat kota, pengunjung yang datang juga dapat mengunjungi Cihampelas Walk yang jaraknya tidak jauh dari Babakan Siliwangi. Selain Cihampelas Walk, bisa juga mampir ke Bandung Zoo yang berjarakn hanya sekitar 1,1km saja.

Salah satu pengunjung, Ridwan (30), mengaku bahwa dia sengaja mampir setelah lelah beraktivitas seharian.

“Saya sengaja mampir dulu sebentar, setelah habis melakukan aktivitas pekerjaan. Ya biasalah, ngadem,” tuturnya.

Hal yang serupa juga diungkapkan oleh pengunjung lain, yakni Solehuddin (24). Dia datang ke Babakan Siliwangi bersama teman-temannya.

“Saya ke sini bareng temen-temen untuk sekedar nongkrong dan bercengkrama sambil ditemani kopi dan sekaligus menikmati pemandangan sekitar,” ujarnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan