Libur Panjang, Pengguna Kereta Api Daop 2 Bandung Naik Signifikan

BANDUNG, JABAR EKSPRES – Momentum libur panjang Hari Lahir Pancasila dan Hari Raya Waisak, PT KAI DAOP 2 Kota Bandung klaim peningkatan pembelian tiket kereta api mengalami kenaikan sebanyak 45 persen.

Hal ini mengacu pada pekan sebelumnya dimana penjualan periode 24 hingga 26 Mei, Daop 2 Bandung hanya melayani sejumlah 30.374 pelanggan. Jumlah tersebut terbagi menjadi dua kategori, sebanyak 25.777 merupakan pelanggan KA jarak jauh dan 4.597 pengguna KA lokal.

Jatuh kedalam libur panjang periode 31 Mei 2023, Daop 2 Bandung hingga 2 Juni kemarin telah melayani sebanyak 43.895 pelanggan. Jumlah ini terdiri dari 35.392 pelanggan KA jarak jauh dan 8.503 merupakan pelanggan KA lokal.

BACA JUGA: PT KAI Jamin Stasiun Cimekar Kota Bandung Tidak Ada Zona Merah untuk Angkutan Online

Manajer Humas PT KAI Daop 2 Bandung Mahendro Trang Bawono menyebutkan, jumlah tersebut diprediksi akan terus mengalami kenaikan hingga Minggu 4 Juni 2023. Hal ini mengingat masih dibukanya pendaftaran secara online maupun offline.

“Berdasarkan pantauan data penjualan terdapat 24.895 pelanggan baik itu KA Jarak Jauh maupun KA Lokal yang akan berangkat pada tanggal 3 – 4 Juni. Tentunya jumlah tersebut masih bisa berubah dan bertambah, karena masih dibukanya pemesanan tiket baik itu secara online maupun offline,” ujar Mahendro.

Adapun daerah favorit yang di tuju masyarakat Kota Bandung ialah wilayah Jawa Timur dan Jawa Tengah, yang meliputi Surabaya, Malang, Solo, dan Kutoarjo.

BACA JUGA: Masyarakat Keluhkan Kursi Tunggu yang Kurang di Stasiun Cimekar, Kota Bandung

Dalam hal tersebut, Stasiun Bandung menjadi tempat keberangkatan tertinggi dengan total 18.213 pelanggan, disusul Kiaracondong sebanyak 8.975 pelanggan. Berdasarkan data penjualan, 18.468 pelanggan masih akan berangkat para periode 3 hingga 4 Juni.

Mahendro menghimbau agar masyarakat senantiasa memperhatikan kembali jadwal keberangkatan. Hal ini seiring dengan pemberlakuan Gapeka 2023 yang dinilai akan mempengaruhi jadwal keberangkatan KA.

“Pemberlakuan Gapeka 2023 yang bertepatan dengan momen libur panjang merupakan inovasi dan komitmen peningkatan pelayanan Daop 2 Bandung kepada para pelanggan setia KA untuk mewujudkan transportasi yang tidak hanya cepat dan tepat waktu namun juga aman dan nyaman,” pungkasnya. (Mg1)

BACA JUGA: Dinkes Kota Bandung Targetkan Sub PIN Polio Kedua Capai 95 Persen dengan Buka Layanan Vaksin di Rumah Sakit

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan