Pengguna Kereta Api Jarak Jauh Meningkat, Jelang Libur Nasional 1 Juni 2023

JABAR EKSPRES – Kahumas KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa mengatakan bahwa pengguna Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) meningkat jelang libur nasional pada tanggal 1 Juni 2023 besok.

Selain libur nasional, momentum tersebut juga beriringan dengan akhir pekan, sehingga Kahumas KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa membenarkan bahwa volume penumpang Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen mengalami lonjakan.

Kemudian Kahumas KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa juga mengatakan bahwa kenaikan volum penumpang Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) mencapai hampir 2x lipat.

BACA JUGA: PT KAI Resmi Ganti Kursi Tegak Kereta Api Kelas Ekonomi Jadi Lebih Nyaman, Begini Penampakannya

Lebih lanjut Eva Chairunisa menerangkan bahwa jumlah tiket yang sudah dipesan untuk keberangkatan pada hari Rabu, 31 Mei 2023 dan Kamis, 1 Juni 2023 mencapai sekitar 28.500 per hari.

Jumlah tersebut, lanjutnya, meningkat hingga 2x lipat jika dibandingkan dengan hari yang sama dengan rata-rata per hari sekitar 14.000 penumpang untuk hari Rabu dan Kamis pada waktu normal.

Ia mengimbau penumpang Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) yang akan berangkat dari stasiun Pasar Senen dan Gambir untuk memperhatikan kembali jadwal pemberangkatannya.

“Seluruh pengguna jasa Kereta Api Jarak Jauh yang akan berangkat dari stasiun Pasar Senen dan Gambir dihimbau agar memperhatikan kembali jadwal keberangkatannya.

Mengingat mulai Kamis 1 Juni 2023 Grafik Perjalanan Kereta Api (GAPEKA) baru akan diberlakukan di seluruh Indonesia, termasuk untuk operasional KA di wilayah kerja KAI Daop 1 Jakarta,” kata Eva, dikutip JabarEkspres.com dari PMJ News pada Rabu, 31 Mei 2023.

Adapun Gapeka atau Grafik Perjalanan Kereta Api merupakan pedoman pengaturan pelaksanaan perjalanan kereta api.

Pedoman tersebut digambarkan dalam bentuk garis yang menunjukkan stasiun, waktu, jarak, kecepatan, dan posisi perjalanan kereta api.

Di antaranya yakni mulai dari berangkat, berhenti, datang, bersilang, dan penyusulan, yang digambarkan secara grafis untuk pengendalian perjalanan kereta api.

“Terdapat beberapa perubahan dari GAPEKA sebelumnya, diantaranya waktu tempuh yang semakin singkat, penambahan jumlah perjalanan KA dan layanan naik penumpang untuk sejumlah KA yang sudah bisa dilakukan melalui Stasiun Jatinegara sebagai stasiun alternatif keberangkatan untuk warga Jakarta selain Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen,” katanya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan