Izin Operasional 5 Perguruan Tinggi di Jabar Dicabut, Ternyata Ada yang Jual Beli Ijazah!

JABAR EKSPRES – Berita terbaru datang dari dunia pendidikan! Kemendikbud Ristek telah mencabut izin operasional sebanyak 23 Perguruan Tinggi Swasta (PTS), dan yang menariknya, lima di antaranya berada di Jawa Barat.

Menurut Kepala LLDIKTI Wilayah IV Jawa Barat dan Banten, M. Samsuri, pencabutan izin kelima PTS di Jawa Barat itu terjadi pada periode akhir 2022 hingga awal 2023. Dalam konferensi pers virtual yang digelar pada Selasa, 30 Mei 2023, Samsuri menjelaskan bahwa kampus di Bandung termasuk di antara PTS yang dicabut izinnya. Tim Evaluasi Kinerja menemukan bahwa kampus tersebut tidak memenuhi standar penyelenggaraan pendidikan dan diduga terlibat dalam praktik jual beli ijazah.

Selain di Bandung, perguruan tinggi swasta yang kehilangan izin operasional juga tersebar di wilayah Bekasi, Tasikmalaya, dan Bogor.

Terkait nasib para mahasiswa yang berkuliah di perguruan tinggi yang izinnya dicabut, Samsuri mengungkapkan bahwa badan penyelenggara atau yayasan kampus bertanggung jawab untuk memindahkan mereka ke perguruan tinggi lain. LLDIKTI juga akan membantu dalam proses verifikasi dan validasi perpindahan mahasiswa ke kampus baru. Mereka juga telah membuka posko khusus untuk memudahkan proses tersebut.

Baca Juga: Lima Perguruan Tinggi di Jawa Barat Ditutup Kemendikbudristek, Salah Satunya di Bandung!

“Pemerintah akan memberikan bantuan dalam menyelesaikan masalah ini. Jika yayasan bertanggung jawab dan proses pemindahan mahasiswa dilakukan dengan cepat, maka pemerintah juga akan mempercepat proses perpindahan mereka,” jelas Samsuri.

Sayangnya, kelima perguruan tinggi tersebut tidak dapat melanjutkan operasionalnya kecuali jika mereka mengajukan gugatan ke PTUN dan gugatan tersebut dikabulkan.

“Ini berarti setelah izin operasional dicabut, mereka tidak dapat beroperasi kecuali jika mereka melakukan gugatan ke PTUN dan memenangkannya,” tambahnya.

Ini tentu menjadi perhatian besar bagi dunia pendidikan. Kita berharap agar masalah ini dapat segera diselesaikan dengan adil dan memberikan jaminan pendidikan yang baik bagi mahasiswa.

Samsuri, Kepala LLDIKTI Wilayah IV Jawa Barat dan Banten, memberikan informasi menarik terkait dengan kondisi perguruan tinggi di wilayah tersebut. Ternyata, dari total 443 perguruan tinggi swasta yang ada di wilayah tersebut, sebanyak 37 di antaranya sedang menjalani pembinaan intensif.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan