Amankah Makan Mie Pakai Nasi? Ini Penjelasannya

JABAR EKSPRES – Sudah tidak asing lagi di Indonesia jika makan mie pakai tambahan nasi. Masyarakat Indonesia memang tidak dapat lepas dari mengonsumsi nasi. Bahkan ada istilah yang berbunyi ‘belum makan kalau belum makan nasi’.

Hal ini dikarenakan saat masuk waktu makan, kita terbiasa menyantap nasi dengan berbagai tambahan lauk pauk.

Sehingga meskipun menyantap makanan yang berkarbohirdrat, belum disebut ‘makan’ kalau tidak pakai nasi.

Misalnya saja kita terbiasa menyantap gorengan hingga mie dengan tambahan nasi. Namun apakah sehat dan aman bagi tubuh jika makan mie pakai nasi? Kamu dapat menyimak penjelasannya berikut ini.

Kandungan dalam Mie

Melansir dari Hellosehat yang dikutip dari Healthline, mie instant umumnya memiliki kandungan karbohidrat, lemak, kalori, protein, sodium, hingga sejumlah mikronutrien.

Baca Juga: 3 Rekomendasi Kuliner Bandung yang Murah dan Enak

Bahaya Makan Mie Pakai Nasi

Menyebabkan perut buncit

Jika kamu mendambakan tubuh yang ideal dengan perut rata yang indah, jangan sering-sering mengonsumsi mie pakai nasi. Sebab kelebihan karbohidrat dapat menyebabkan perut semakin melebar dan buncit. Hal ini dipicu karena adanya penimbunan lemak dalam tubuh. Jika terus dilakukan, bisa menyebabkan obesitas dan tidak baik untuk kesehatan.

Dapat Memicu Kerusakan Fungsi Hati

Apabila mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat dengan berlebihan, maka tubuh akan mengubah kelebihan karbohidrat menjadi zat lain seperti misalnya lemak. Nah, hal tersebut menjadi bakal bahaya jika pemprosesan lemak dipindahkan ke hati guna pendukung pencernaan. Akan sanagt berbahaya jika yang masuk merupakan lemak jahat yang kemudian terus-menerus menumpuk di liver. Sehingga dapat menimbulkan kerusakan fungsi hati.

Baca Juga: Rekomendasi Kuliner Mie Kocok di Bandung yang Legendaris, Sudah Coba?

Menyebabkan Kekurangan Gizi

Karena tubuh membutuhkan berbagai zat seperti protein, lemak, karbohidrat, mineral, dan lain sebagainya. Maka jika kelebihan karbohidrat bisa membuat ketidakseimbangan nutrisi dalam tubuh. Hal ini dapat membuat tubuh kamu kekurangan gizi.

Memicu Diabetes

Makanan yang mengandung karbohidrat dapat dicerna oleh tubuh menjadi gula. Hal tersebut dapat meningkatkan hormone insulin dalam tubuh. Namun, kelebihan hormon yang bisa menciptakan energi dalam tubuh ini dapat berakibat fatal karenan memicu diabetes.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan