Logo IKN Sudah Dirilis, Jokowi: Dipilih Langsung oleh Rakyat

JABAR EKSPRES – Logo Ibu Kota Nusantara (IKN) secara resmi sudah dirilis sebagai hasil seleksi.

Adapun peresmian logo IKN tersebut diungkapkan langsung oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara pada Selasa, 30 Mei 2023.

Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa logo IKN ini merupakan logo yang marepresentasikan identitas IKN.

“Logo baru ini akan jadi identitas visual bagi IKN,” kata Presiden Joko Widodo.

Setelah mengikuti sayembara, akhirnya telah ditetapkanlah logo bertema pohon hayat itu sebagai logo ibu kota nusantara ini.

BACA JUGA: Anies Baswedan Sebut Sikap Cawe-Cawe Jokowi Bisa Memicu Penyelenggaraan Pilpres 2024 yang Tidak Netral

Jokowi berharap logo yang merupakan rancangan Mas Aulia Akbar ini dapat menjadi simbol kehidupan.

“Logo yang terpilih bertema pohon hayat yang didesain oleh Mas Aulia Akbar. Pohon hayat ini pohon kehidupan dan kita berharap pohon hayat ini menginspirasi IKN yang menjadi simbol kehidupan bagi seluruh masyarakat Indonesia nantinya,” ungkap Jokowi lebih lanjut.

Jokowi memastikan, logo itu bukan dipilih oleh dirinya sendiri. Ia mengklaim, logo itu dipilih langsung oleh rakyat Indonesia.

“Tadi sudah disampaikan oleh Kepala Otorita, setelah melaui proses sayembara yang selektif telah terpilih dengan pemilih terbanyak, jadi yang milih bukan presiden, hati-hati, yang milih ini rakyat, yang memilihya 500 ribu, jumlah tidak sedikit,” ungkap Jokowi.

Sementara itu, Kepala Otorita IKN Bambang Susantono mengatakan, sayembara pembuatan logo IKN dibuka pada September 2022. Menurutnya, lebih dari 500 desainer turut berpartisipasi dalam pembuatan logo IKN Nusantara.

BACA JUGA: Cawe-Cawe Jokowi Menuai Perbincangan Publik, Netralitas Presiden Dipertanyakan

“Dewan kurator kemudian menyeleksi 10 desainer,” ucap Bambang.

Bambang menjelaskan, dari 10 logo yang diseleksi oleh kurator, Presiden Jokowi memilih 5 logo. Setelahnya, Jokowi meminta 5 logo itu untuk dipilih oleh masyarakat secara voting.

“Voting secara online 4 April -20 Mei (2023). Selama proses dilakukan roadshow dan paparan diskusi publik di kanal digitial,” ujar Bambang.

Proses voting diikuti lebih dari 500 ribu orang, dari wilayah Kalimantan Timur ada 16 ribu voters. Pemenang desain IKN, mendapatkan hadiah Rp 185 juta dan empat finalis lainnya masing-masing mendapat Rp25 juta.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan