Tata Cara Sholat Istiharah, agar Mantap Menentukan Pilihan

JABAR EKSPRES – Ketika manusia mengalami kebingungan dan tidak bisa memutuskan untuk melakukan suatu hal atau menentukan sebuah pilihan, maka dianjurkan untuk melakukan sholat istiharah. Temukan panduan dan tata cara sholat istiharah yang benar di artikel ini.

Sholat Istiharoh merupakan salah satu sholat sunah yang dilakukan dengan maksud untuk meminta petunjuk kepada Allah, mengenai sesuatu yang harus dilakukan atau dipilih yang terbaik, karenanya simak baik-baik tata cara sholat istiharah di artikel ini.

Dilansir dari muhammadiyah.or.id Setiap kali manusia menemui masalah pelik yang susah untuk diselesaikan, maka satu-satunya sandaran sebagai penolong adalah Allah Ta’ala, caranya adalah dengan melakukan sholat Istiharah yang tata caranya bisa dilihat disini.

Tuntunan tersebut sesuai dengan firman ALLAH SWT :

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اسْتَعِينُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلَاةِ إِنَّ اللَّهَ مَعَ الصَّابِرِينَ – البقرة

“Hai orang-orang yang beriman, Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar” [QS. al-Baqarah: 153].

Cara yang terbaik dalam memohon pertolongan kepada Allah SWT adalah melalui shalat. Salah satunya sholat istiharoah.

Dasar Hukum Shalat Istikharah

Tuntunan melakukan shalat istikharah saat sedang menemui masalah dan butuh pertolongan Allah, didasarkan pada hadits sahih yang bersumber dari sahabat Jabir bin ‘Abdillah r.a. Dia berkata:

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُعَلِّمُنَا الِاسْتِخَارَةَ فِي الْأُمُورِ كُلِّهَا كَمَا يُعَلِّمُنَا السُّورَةَ مِنْ الْقُرْآنِ يَقُولُ إِذَا هَمَّ أَحَدُكُمْ بِالْأَمْرِ فَلْيَرْكَعْ رَكْعَتَيْنِ مِنْ غَيْرِ الْفَرِيضَةِ ثُمَّ لِيَقُلْ

Rasulullah SAW mengajari kami shalat istikharah dalam setiap perkara atau urusan yang kami hadapi, sebagaimana Beliau mengajarkan kami suatu surat dari al-Qur’an. Beliau berkata: “Jika salah seorang di antara kalian berniat dalam suatu urusan, maka lakukanlah shalat dua rakaat yang bukan shalat wajib, kemudian berdoalah…”. [HR. al-Bukhari].

Baca Juga : Niat Sholat Ghaib Jenazah Laki-laki Lengkap dengan Tulisan Latin

Tata-Cara Shalat Istikharah

1. Waktu Pelaksanaan

Shalat istikharah dapat dilakukan kapan saja, baik siang maupun malam hari, asalkan bukan pada 3 waktu yang terlarang untuk melakukan shalat, yakni ketika matahari terbit atau sedang berada di tengah atau sedang terbenam [HR. Jama’ah kecuali Bukhari].

Akan tetapi, jika shalat istikharah tidak bisa diundur atau dibutuhkan saat itu juga, maka sebagian ulama berpandangan bahwa hal itu boleh dikerjakan saat itu juga walaupun pada waktu yang terlarang.

Tinggalkan Balasan