Perbaikan Got Underpass Sholis Bogor Sebabkan Kemacetan, Ini Kata Satlantas!

JABAR EKSPRES, BOGOR – Perbaikan got atau saluran air di ruas Jalan Raya Sholeh Iskandar (Sholis) Bogor, tepatnya pada area underpass mulai dikerjakan Kementerian PUPR melalui Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) DKI Jakarta-Jawa Barat (Jabar) pada Senin, 29 Mei 2023.

Pekerjaan yang ditargetkan selesai pada Jumat, 23 Juli 2023 mendatang itu menyebabkan padatnya arus lalu lintas di jalan nasional tersebut, imbas dari adanya penyempitan ruas jalan.

Pantauan JabarEkspres.com sejak pagi hingga sore ini kondisi kepadatan di lokasi perbaikan itu mengular hingga sekitar 2 kilometer. Antrean kendaraan mulai terjadi dari arah Simpang Yasmin mengarah ke Simpang Tol BORR atau Jalan KS. Tubun.

Hal itu terjadi karena rekayasa lalu lintas yang diterapkan Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Bogor Kota dan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bogor secara bertahap.

Kepala Satlantas Polresta Bogor Kota, Kompol Galih Apria menyebut, sebagai langkah antisipasi pelaksanakan dan penanganan crossing box di Underpass Sholeh Iskandar itu pihaknya melakukan skenario penutupan satu jalur secara bertahap.

“Penyempitan dilakukan sekitar 200 meter menjelang titik perbaikan saluran air di underpass itu. Jadi, jalur tersebut biasanya dapat dilalui dua kendaraan roda 4, kini hanya bisa dilalui satu kendaraan,” ungkapnya kepada JabarEkspres.com pada Senin, (29/5)

Ia mengaku, pihaknya bersama dinas terkait sudah menyampaikan informasi adanya kegiatan itu melalui spanduk pemberitahuan di sejumlah titik.

“Tidak ada penutupan akses jalan saat pembongkaran, kami hanya menutup separuh badan jalan,” tegasnya.

Galih menyampaikan untuk mengantisipasi kepadatan panjang, pihaknya juga telah mempersiapkan pengalihan arus lalu lintas.

Selain itu, dirinya juga mengimbau agar pengguna jalan menghindari ruas jalan tersebut selama perbaikan berlangsung.

Adapun jalur alternatif yang dapat dilalui, kata dia, pengendara yang hendak menuju Jalan Raya Pajajaran bisa mengakses jalan Kebon Pedes atau belok kiri memutar kendaraan melalui belokan ke arah Cilebut.

“Apabila terjadi kepadatan panjang, maka arus lalin yang akan ke Simpang BORR sebagian bisa diarahkan melalui jalur Kebon Pedes dan alternatif Cilebut,” jelasnya.

Sekedar informasi, perbaikan got underpass tersebut sudah sekian lama ditunggu masyarakat, lantaran kondisi sambungan jalan yang amat memprihatinkan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan