Atalia Praratya Lantik Pj Wali Kota Cimahi Jadi Pengurus Mabicab Pramuka

JABAR EKSPRES – Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Barat Atalia Praratya melantik Pj Wali Kota Cimahi Dikdik S Nugrahawan sebagai Ketua Majelis Pembimbing Cabang Pramuka (Mabicab) Kota Cimahi periode 2023-2028 di gedung A kantor Wali Kota Cimahi, Senin (29/5/2023)

Istri Gubernur Jabar Ridwan Kamil itu melantik juga para pengurus Mabicab, Kwarcab, dan LPK Pramuka Kota Cimahi.

BACA JUGA: Polisi Tangkap Oknum Guru Ngaji yang Lakukan Asusila Terhadap Belasan Anak di Kabupaten Bandung

“Selamat bagi para pengurus yang sudah resmi dilantik. Semoga bisa memberikan kreativitas untuk menarik minat generasi muda jadi anggota pramuka. Karena kreativitas itu harus dihadirkan dalam gerak Pramuka. Atribut yang dikenakan, mengandung tanggung jawab yang luar biasa. Itu harus menjadi pandangan baik dari masyarakat,” kata Atalia Praratya.

Ia menjelaskan, Pramuka bukan pendidikan tekstual tapi kontekstual, setiap gerakannya selalu mengandung filosofi yang tinggi.

Ia menyebut, saat ini anggota Pramuka se-Jabar tercatat lebih dari 8 juta orang. Potensi besar ini harus terasa manfaatnya oleh masyarakat melalui berbagai kegiatan kepramukaan.

“Kita memiliki anggota 8 juta anggota Pramuka se-Jawa Barat. Ini harus dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” ujar Atalia.
Atalia meminta pada tanggal 14 setiap bulannya harus menggunakan pakaian pramuka, minimal atribut Pramuka.

“Seperti diketahui, 14 Agustus ditetapkan sebagai Hari Pramuka. Pemda Provinsi Jabar telah menerbitkan Peraturan Gubernur (Pergub) Jawa Barat nomor 15 Tahun 2021 yang mewajibkan ASN mengenakan atribut pramuka pada tanggal 14 setiap bulannya,” kata Atalia.

Ia mengatakan, Gugus depan merupakan kesatuan organik dalam Gerakan Pramuka yang menjadi wadah untuk menghimpun anggota sebagai peserta didik dan pembina Pramuka. Gugus depan juga telah diamanatkan oleh pemerintah dimana setiap anak didik sekolah adalah anggota Pramuka.

“Ini sesuai dengan amanat pemerintah dimana setiap anak didik sekolah adalah Pramuka, maka kita dorong agar kegiatan-kegiatan bisa lebih aktif kembali melalui gugus depan,” tutur Atalia.

Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Kota Cimahi Dikdik S Nugrahawan mengatakan, pihaknya berkomitmen untuk menyukseskan gerakan Pramuka di Kota Cimahi.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan