Kasus Raja Singa Terus Naik, Penyebaran Penyakit di Kota Bandung Masuk Level Concentrated Epidemic

Perlu diketahui, level penyebaran di Kota Bandung kini berada di tahap Concentrated Epidemic. Ini berarti kasus terkait Raja Singa dan HIV pada populasi kunci lebih dari angka 5 persen, dan pada ibu hamilnya kurang dari 1 persen.

BACA JUGA: Kenali Gejala Penyakit Raja Singa yang Sedang Merebak di Indonesia

Apabila dibiarkan, level penyebarannya akan naik ke level generalised epidemic. Artinya, kasus pada ibu hamil melebihi dari 1 persen, ini mengartikan bahwa populasi umum terindikasi sudah banyak tertular.

“Saat ini kita sedang fokus kepada hidden populasi, terus populasi kunci. Agar ini tidak menyebar ke populasi umum, sehingga tidak menyebabkan generalised epidemic,” jelasnya.

Pihaknya menghimbau agar masyarakat tidak perlu takut dan khawatir saat melakukan tes HIV dan sifilis. Karena hal tersebut tentunya masih bisa diobati, dan tingkat penyebaran mampu diatasi.

“Masyarakat jangan pernah takut tes HIV dan Sipilis, karena kita harus tau status kita tuh ada dimana, dan itu kan bisa diobati. HIV bisa diobati, tapi tidak bisa disembuhkan, artinya HIV-nya dikendalikan. Dan sifilis bisa diobati dan bisa sembuh,” pungkasnya. (Mg1)

BACA JUGA: Kasus Raja Singa Ngamuk di RI, Usia dan Daerah Ini Paling Banyak Kasusnya

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan