Cara Ampuh Turunkan Kolesterol yang Aman dan Efektif!

JABAR EKSPRES – Tingginya kadar kolesterol dalam tubuh dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan masalah kesehatan lainnya, maka ada cara ampuh untuk turunkan kolesterol

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk menjaga keseimbangan kadar kolesterol dalam tubuh. Beberapa cara ampuh untuk menurunkan kolesterol secara efektif dan aman.

1. Mengubah Pola Makan

Makanan yang kita konsumsi berperan penting dalam mengendalikan kadar kolesterol. Beberapa perubahan pola makan yang dapat membantu menurunkan kolesterol adalah:

  • Konsumsi lemak sehat

Gantilah lemak jenuh dengan lemak tak jenuh, seperti yang terdapat dalam ikan berlemak, alpukat, dan minyak zaitun.

  •  Tingkatkan serat

Konsumsilah makanan tinggi serat seperti buah-buahan, sayuran, dan sereal gandum utuh, karena serat dapat membantu mengikat kolesterol dan mengurangi penyerapannya.

  • Batasi makanan mengandung kolesterol tinggi

Kurangi konsumsi makanan yang kaya kolesterol, seperti daging merah, kuning telur, dan produk susu tinggi lemak.

  • Hindari makanan olahan

Makanan olahan sering mengandung lemak trans dan kolesterol tinggi. Pilihlah makanan segar dan alami.

2. Rutin Berolahraga

Olahraga teratur memiliki banyak manfaat, termasuk menurunkan kadar kolesterol. Aktivitas fisik dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL).

Coba lakukan olahraga aerobik seperti berjalan kaki, berlari, bersepeda, atau berenang minimal 30 menit setiap hari.

3. Menjaga Berat Badan Ideal

Kelebihan berat badan atau obesitas dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh. Dengan menjaga berat badan ideal, kamu dapat mengurangi risiko peningkatan kadar kolesterol.

Upayakan mengadopsi pola makan sehat dan aktifitas fisik rutin untuk mencapai dan menjaga berat badan yang sehat.

4. Menghindari Kebiasaan Merokok

Merokok dan minum alkohol berlebihan tidak hanya berdampak buruk pada kesehatan secara keseluruhan, tetapi juga dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat.

Hindarilah kebiasaan ini dan konsultasikan dengan dokter jika membutuhkan bantuan untuk berhenti merokok atau mengurangi konsumsi alkohol.

5. Konsumsi Makanan Penurun Kolesterol

Beberapa makanan memiliki khasiat khusus dalam menurunkan kadar kolesterol. Misalnya, almond, kenari, dan kacang-kacangan mengandung lemak sehat yang dapat membantu mengurangi kolesterol jahat.

Selain itu, oatmeal dan barley mengandung serat larut yang efektif dalam mengikat kolesterol dan mengeluarkannya dari tubuh. Konsumsi makanan ini secara teratur dapat membantu menurunkan kadar kolesterol.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan