10 Olahan dari Buah Alpukat Bisa Jadi Makanan yang Enak dan Sehat!

JABAR EKSPRES – Alpukat adalah buah yang kaya akan nutrisi dan sering dijadikan bahan utama dalam berbagai olahan makanan.

Selain rasanya yang lezat dan kaya krim, alpukat juga mengandung lemak sehat, serat, dan berbagai vitamin dan mineral penting yang tentunya bisa jadi olahan variasi makanan atau minuman.

Banyak variasi makanan yang enak dan sehat dengan bahan utama buah alpukat, berikut ini adalah 10 resep olahan alpukat yang bisa dicoba.

1. Smoothie Alpukat dan Pisang

Campurkan alpukat matang, pisang, susu almond, dan es batu dalam blender. Proses hingga halus dan nikmati smoothie alpukat yang lezat dan menyegarkan.

2. Salad Alpukat dan Tomat

Potong alpukat dan tomat menjadi dadu. Campurkan dengan potongan bawang merah, seledri, dan dressing lemon atau cuka sari apel. Tambahkan garam dan lada secukupnya. Sajikan sebagai salad segar.

3. Tostada Alpukat dan Telur Mata Sapi

Panggang tortilla hingga renyah. Olesi dengan purée alpukat matang, tambahkan telur mata sapi yang sudah digoreng dengan sedikit minyak zaitun. Taburi dengan lada hitam dan potongan cabai hijau.

4. Sup Alpukat dan UdanG

Rebus kaldu ayam hingga mendidih. Tambahkan udang, potongan alpukat, jagung manis, dan sedikit santan. Masak hingga udang matang dan alpukat menjadi lembut. Sajikan sebagai sup yang hangat dan lezat.

5. Sandwich Alpukat dan Ayam

Potong alpukat menjadi irisan tipis. Ambil roti gandum, olesi dengan saus mayo rendah lemak, tambahkan irisan daging ayam rebus, daun selada, irisan tomat, dan alpukat. Rapatkan roti dan nikmati sandwich sehat ini.

6. Pasta Alpukat

Rebus pasta sesuai petunjuk kemasan. Sementara itu, haluskan alpukat matang dengan sedikit jus lemon, tambahkan bawang putih cincang, dan garam.

Campurkan dengan pasta yang sudah matang. Taburi dengan parmesan parut dan sedikit daun ketumbar.

7. Alpukat Panggang dengan Telur

Belah alpukat menjadi dua dan buang bijinya. Letakkan alpukat di atas loyang, patahkan telur di dalam setiap lubang alpukat. Panggang dalam oven hingga telur matang. Taburi dengan lada hitam dan parsley.

8. Alpukat Goreng

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan