Universitas Pasundan Raih Akreditasi Unggul dari BAN-PT dengan Nilai A

BANDUNG – Universitas Pasundan memperoleh akreditasi unggul dengan nilai A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Universitas Pasundan dianggap telah memenuhi syarat konversi peringkat akreditasi dengan perolehan nilai 363.

Hal tersebut berdasarkan Keputusan BAN-PT Nomor 365/SK/BAN-PT/Ak.KP/PT/V/2023 pada 23 Mei 2023.

Rektor Unpas Prof. Dr. Ir. H. Eddy Jusuf Sp, M.Si., M.Kom., IPU mengatakan, capaian gemilang ini menyempurnakan raihan nilai A yang telah diperoleh Universitas Pasundan sejak 2019.

Menurutnya, peringkat akreditasi Unggul berlaku mulai 23 Mei 2023 hingga 28 Desember 2023.

Universitas Pasundan mengajukan akreditasi Unggul menggunakan Instrumen Suplemen Konversi (ISK).

‘’Ini menjadi ukuran mutu pendidikan yang diselenggarakan di perguruan tinggi dan tolok ukur bagi lembaga atau industri yang menyerap lulusan perguruan tinggi,’’ kata Eddy.

Atas raihan itu, Eddy mengaku merasa bangga dan bersyukur berkat perjuangan Universitas Pasundan selama 63 tahun menciptakan pendidikan berkualitas.

‘’Sistem dan proses penyelenggaraan pendidikan di Unpas dijalankan dengan saksama dan memperhatikan berbagai aspek penilaian,” ujar Eddy.

Dari dokumen ISK yang diunggah, tidak ditemukan temuan yang mengharuskan asesor melakukan asesmen lapangan ke Unpas.

Hal ini menandakan kelengkapan dokumen sudah sesuai standar yang tertera dalam buku panduan ISK BAN-PT 2023.

Sementara itu, Ketua Tim ISK yang juga Wakil Rektor I Unpas Prof. Dr. H. Jaja Suteja, M.Si. menuturkan, sejak awal penyusunan, ia dan timnya memastikan dokumen yang disusun bisa melampaui syarat ‘perlu’ untuk menjadi institusi terakreditasi Unggul.

‘’Dari jumlah dosen tetap dan tidak tetap prodi, siklus Satuan Penjamin Mutu Internal (SPMI), produktivitas dosen yang dibuktikan dengan publikasi jurnal internasional bereputasi, sampai integrasi data kami susun sebaik mungkin,” tambah Prof. Jaja.

Dengan diperolehnya akreditasi Unggul dari BAN-PT yang merupakan standar tertinggi bagi perguruan tinggi.

Unpas sebagai salah satu PTS terbaik di Jawa Barat akan terus berkomitmen untuk meningkatkan kualitas, selaras dengan visi Unpas

“Universitas Pasundan harus menjadi entrepreneurial university yang mengusung nilai Sunda dan Islam di tahun 2037,” tutup Prof Jaja. (**/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan