Tersisa 3 TPS di Kota Bandung yang Belum Normal

BANDUNG, JABAR EKSPRES – Tempat Pembuangan Sampah (TPS) Gumuruh jadi satu dari tiga TPS di Kota Bandung yang belum kembali normal. Hal itu diungkapkan Pelaksana Harian (Plh) Wali Kota Bandung Ema Sumarna, Jumat (26/5).

TPS Gumuruh terletak di Kecamatan Batununggal, Kota Bandung. Lokasinya juga bersebelahan dengan Tempat Pemakaman Umum.

Dari pantauan Jabar Ekspres Jumat (26/5) sore, sampah juga masih nampak menggunung di lokasi tersebut. Beberapa gerobak sampah yang penuh juga nampak mengantre di lokasi itu.

BACA JUGA: Demi Tekan Angka Kriminalitas, Pemkot Bandung Wacanakan Penambahan CCTV dan Lampu Penerangan Jalan

Ema menguraikan, dua TPS lain yang belum normal adalah TPS Suci dan TPS Cibangkong. “Tadinya TPS Cidurian juga belum, tapi terbaru sudah mulai terurai,” katanya kepada Jabar Ekspres.

Ema menambahkan, Pemkot Bandung juga terus berjibaku agar penanganan sampah di Kota Bandung bisa kembali normal. Setidaknya dari 55 TPS ada 52 TPS yang kini sudah membaik.

Ema memiliki harapan jangka panjang Kota Bandung bisa bersih dari sampah. Artinya sampah-sampah itu bisa tuntas hanya sampai di TPS dan tidak perlu dibuang ke TPA.

BACA JUGA: Gandeng Pihak Swasta, Pemkot Bandung Bakal Berkolaborasi dalam Menata Kawasan Tegalega

Karena itu pihaknya rajin dan terus bergerak membangun komitmen masyarakat agar mau aktif mengelola sampah. “Kalau semua RW bisa jadi kawasan bebas sampah maka Bandung bisa realisasikan untuk tidak sampai buang sampah ke TPA,” tandasnya.

Menurut Ema Sumarna, sampah sebenarnya juga tidak melulu dijadikan musuh. Sampah dapat dikelola dengan baik bahkan mampu memiliki nilai ekonomis. (son)

BACA JUGA: Pemkot Bandung Siapkan Strategi Khusus untuk Mencegah Inflasi, Resesi Pangan, dan El Nino

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan