PPDB SMA Jawa Barat 2023, Pintu Masa Depan Bagi Calon Siswa

JABAR EKSPRES – Mendekati di mulainya Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB 2023) untuk Sekolah Menengah Atas (SMA) negeri, antusiasme dan persiapan siswa-siswa baru semakin meningkat.

Di Provinsi Jawa Barat, proses penerimaan siswa baru (PPDB) SMA negeri di atur oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat tahun 2023.

Tidak hanya itu, peserta PPDB SMA Jabar 2023 juga di sarankan untuk mengikuti proses pendaftaran melalui aplikasi Sapawarga, yang telah menjadi platform yang sangat membantu dalam proses administrasi pendaftaran.

PPDB Jawa Barat 2023

Aturan ini berlaku untuk PPDB SMA dan SMK negeri di seluruh kota dan kabupaten di Provinsi Jawa Barat, termasuk di wilayah Kota dan Kabupaten Bogor, Kota dan Kabupaten Bekasi, serta Kota Depok.

Dalam rangka memastikan proses berjalan lancar. Berikut ini adalah jadwal PPDB Jawa Barat tahap 1 untuk jenjang SMA, SMK, dan SLB:

Tanggal 6-10 Juni 2023: Kegiatan pendaftaran dan verifikasi dokumen PPDB. Pada tahap ini, siswa dapat memilih jalur pendaftaran sesuai dengan kategori yang di sediakan. Jalur Afirmasi, Jalur perpindahan tugas, dan Jalur prestasi nilai rapor dan kejuaraan merupakan beberapa jalur yang dapat di pilih oleh siswa.

Jalur Pendaftaran

  • Siswa yang mendaftar melalui Jalur Afirmasi dapat terdiri dari Keluarga Ekonomi Tidak Mampu (KETM), peserta didik berkebutuhan khusus, atau dalam kondisi tertentu.
  • Sementara itu, Jalur perpindahan tugas dapat di ikuti oleh siswa yang orangtuanya, wali, atau anggota keluarganya memiliki tugas khusus sebagai guru atau tenaga kependidikan.
  • Sedangkan Jalur prestasi nilai rapor dan kejuaraan memberikan kesempatan bagi siswa yang memiliki prestasi akademik atau non-akademik yang membanggakan.
  • Sedangkan untuk jenjang SMK, persyaratan pendaftaran dan jalur yang di sediakan hampir serupa dengan SMA. Namun, terdapat tambahan jalur persiapan kelas industri yang memungkinkan siswa SMK untuk menempati kelas khusus dengan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan industri.
  • Dan untuk jenjang SLB, calon peserta didik dapat mendaftar ke SLB yang sesuai dengan kebutuhan khusus mereka atau ke sekolah umum. Proses pendaftaran dapat di lakukan secara online melalui link yang di sediakan oleh SLB atau dengan datang langsung ke sekolah terkait.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan