Suka Pake Shopee Paylater? Udah Tau Efek Negatif dari Kecanduannya Belum?

JABAR ESKPRES – Perkembangan zaman semakin cepat dan edan membuat peputaran uang semakin mudah dan dekat dengan kita. Salah satu platform yang sangat familiar bagi kita adalah Shopee Paylater.

Shopee Paylater memberikan kemudahan penggunanya dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan mereka. Hanya dengan satu genggaman, penggunanya dapat memenuhi semua keinginan mereka walaupun saat ini tidak memiliki uang.

Sebagai salah satu dompet digital yang beredar di Indonesia, Shopee Paylater memungkinkan penggunanya untuk memenuhi semua kebutuhan dan keinginan mereka walaupun tidak memiliki uang. Mereka bisa berbelanja sekarang, dan membayar tagihannya nanti.

BACA JUGA: Suku Bunga Acuan Diprediksi akan Ditahan oleh BI

Dampak Negatif Kecanduan Shopee Paylater

Walaupun memiliki banyak keuntungan, Shopee Paylater juga memiliki dampak negatif bagi penggunanya yang telah ketergantungan. Berikut beberapa dampak yang dihasilkannya.

  1. Beban Keuangan

Ketergantungan dari penggunaan metode pembayaran ini dapat membuat beban keuangan semakin berat. Pembayaran harus selalu dilakukan setiap bulannya untuk melunasi utang tersebut. Secara keseluruhan, hal ini dapat mengganggu stabilitas keuangan.

  1. Emosi Menjadi Tidak Stabil dan Stress

Efek dari banyaknya tagihan yang harus dibayarkan akan menyebabkan tingkat stress meningkat. Selain itu, emosi juga tidak akan stabil karena kepikiran perihal tagihan ini. Dampaknya pun bakal merambah juga ke kesehatan mental lainnya dan juga hubungan sosial.

BACA JUGA: 5 Tips Minjam Uang ke Aplikasi Pinjol Biar Tidak Masuk ‘Jebakan Batman’

  1. Impulsif dalam Berbelanja

Dengan kemudahan yang ditawarkan oleh Shopee Paylater, penggunanya akan dibuat menjadi seseorang yang impulsif dalam berbelanja. Mereka akan mudah tergoda dengan barang yang dijual di aplikasi tersebut dan menggunakan pembayaran ini sebagai bentuk pemenuh keinginan mereka.

Ketidakseimbangan finansial yang dihasilkan akan membuat perencanaan keuangan yang telah direncanakan menjadi berantakan dan tidak teratur lagi.

  1. Pengelolaan Keuangan Terganggu

Pengelolaan keuangan secara pribadi akan terganggu dengan adanya tagihan yang selalu datang setiap bulannya dari Shopee Paylater ini. Rencana keuangan yang telah direncanakan pun menjadi bernatakan.

Demikianlah beberapa efek negatif dari kecanduan yang dihasilkan oleh Shopee Paylater. Sangat penting menggunakan aplikasi ini secara bijaksana dan penuh perhitungan. Jangan sampai menjadi kecanduan sehingga melampaui kemampuan keuangan yang dimiliki. (*)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan