Doa Untuk Orang yang akan Berangkat Haji, Insyaallah Manjur

JABAR EKSPRES – Keberangkatan jemaah calon haji dari Indonesia menuju tanah suci telah di mulai sejak Rabu (24/5). Momen ini menjadi kesempatan bagi kita semua untuk memanjatkan doa agar orang-orang yang pergi haji di berikan kemudahan dalam menjalankan ibadah haji.

Sebelum berangkat, orang-orang yang berangkat haji Indonesia biasanya mengadakan syukuran atau walimatus safar haji. Acara doa bersama ini di selenggarakan sebagai ungkapan rasa syukur atas kemampuan dan kesempatan yang di berikan kepada mereka untuk melaksanakan ibadah haji.

Selain itu, orang-orang yang berangkat haji juga memohon doa agar di berikan keselamatan dan kesehatan selama berada di tanah suci. NU Online melaporkan bahwa kerabat, sahabat, dan keluarga jemaah haji di anjurkan untuk melepas mereka dengan doa yang di ajarkan oleh Rasulullah SAW sebagai berikut:

“زَوَّدَكَاللهُالتَّقْوَىوَغَفَرَذَنْبَكَوَيَسَّرَلَكَالخَيْرَحَيْثُمَاكُنْتَ”

Artinya: “Semoga Allah memberikanmu kekuatan dalam menjalankan ibadah, mengampuni dosa-dosamu, dan memudahkanmu dalam melakukan kebaikan di mana pun kamu berada.”

 

Doa ini di baca oleh Nabi Muhammad ketika salah seorang sahabat menyatakan keinginannya untuk melakukan perjalanan jauh. Doa ini di riwayatkan oleh Imam At-Tirmidzi dari sahabat Anas RA sebagai berikut:

وروينافيكتابالترمذي،عنأنسرضياللهقال:جاءرجلإلىالنبيصلىاللهعليهوسلم،فقال:يارسولالله،إنيأريدسفرافزودني،فقال: “زودكاللهالتقوى”،قال:زدني،قال: “وغفرذنبك”،قال:زدني،قال: “ويسرلكالخيرحيثماكنت”قالالترمذي:حديثحسن

Artinya: “Di riwayatkan kepada kami dalam Kitab At-Tirmidzi, dari Sahabat Anas RA. Ia menceritakan bahwa ada seseorang yang datang kepada Rasulullah SAW, ‘Wahai Rasul, aku akan melakukan perjalanan. Berikanlah aku bekal,’ kata sahabat tersebut. ‘Zawwadakallâhut taqwâ,’ jawab Rasulullah SAW. ‘Tambahkan lagi ya Rasul,’ kata sahabat itu. ‘Wa ghafara dzanbaka,’ jawab Rasulullah SAW. ‘Tambahkan lagi ya Rasul,’ kata sahabat itu. ‘Wa yassara lakal khaira haitsumâ kunta,’ jawab Rasulullah SAW. ImamAt-Tirmidzi menyatakan bahwa kualitas hadits ini termasuk dalam kategori hasan.”

Ucapan doa yang indah ini dapat di gunakan oleh masyarakat untuk mendoakan jemaah haji dalam acara walimatus safar.

Doa untuk orang yang berangkat haji ini juga dapat di gunakan untuk mendoakan jemaah haji yang telah berangkat menuju tanah suci, Mekah, agar mereka bisa kembali dengan selamat dan mendapatkan haji yang di terima oleh Allah.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan