Sudah Tahu? Tips Cara Merawat Mobil Transmisi Matic!!

JABAR EKSPRES – Buat kamu yang belum tahu cara merawat mobil transmisi matic, kamu bisa cek sekarang tips dan caranya untuk menjaga kinerja optimal.

Mobil dengan transmisi otomatis atau dikenal juga dengan transmisi matic semakin populer di kalangan pengendara.

Baca juga: Usai Mudik Menggunakan Sepeda Motor, Perhatikan 8 Hal Ini Agar Motor Tetap Dalam Kondisi Prima

Meskipun lebih mudah dikendarai dibandingkan dengan mobil transmisi manual, mobil dengan transmisi matic juga memerlukan perawatan khusus agar tetap berfungsi dengan baik.

Berikut Tips Cara Merawat Mobil Transmisi Matic Agar Tetap Dalam Kondisi Optimal dan Tahan Lama:

  1. Periksa dan Ganti Oli Transmisi Secara Teratur

Oli transmisi memainkan peran penting dalam menjaga kinerja mobil transmisi matic. Pastikan kamu untuk memeriksa dan mengganti oli transmisi sesuai dengan rekomendasi pabrikan.

Oli transmisi yang kotor atau berkurang jumlahnya dapat menyebabkan gesekan yang berlebihan dan merusak komponen transmisi.

Penggantian oli secara teratur akan membantu menjaga kualitas oli dan mencegah kerusakan pada transmisi.

  1. Perhatikan Suhu Mesin dan Transmisi

Suhu yang terlalu panas dapat berdampak negatif pada kinerja mobil transmisi matic. Pastikan suhu mesin dan transmisi tetap dalam rentang yang normal.

Jika suhu naik secara tidak wajar, segera hentikan kendaraan dan biarkan mesin mendingin sebelum melanjutkan perjalanan.

Pemeriksaan dan perawatan radiator serta sistem pendingin lainnya juga penting untuk menjaga suhu mesin dan transmisi dalam batas normal.

  1. Gunakan Rem Tangan Saat Parkir

Kebiasaan menggunakan rem tangan saat parkir sangat dianjurkan untuk mobil transmisi matic.

Hal ini akan mengurangi beban pada komponen transmisi dan mencegah mobil bergeser saat parkir. Dan pastikan juga rem tangan benar-benar terkunci sebelum kamu meninggalkan mobil.

  1. Posisikan Tuas Transmisi dengan Benar

Saat mengemudi mobil transmisi matic, perhatikan posisi tuas transmisi mobil kamu. Pastikan kamu memilih posisi yang sesuai, seperti P (Parkir) saat berhenti dan N (Netral) saat menunggu lama di lampu merah.

Hindari memilih posisi gigi sembarangan atau melompat langsung dari posisi D (Drive) ke R (Revers).

Tinggalkan Balasan