DC Akan Datang ke Rumah? Ini 4 Risiko Galbay di Pinjol Indodana

JABAR EKSPRES – Indodana merupakan salah satu platform pinjaman online (Pinjol) yang telah memiliki izin resmi dan terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Ada beberapa risiko yang harus ditanggung jika pengguna gagal bayar (galbay) tagihan di Pinjol dan Paylater Indodana.

Saat ini, terdapat banyak sekali aplikasi Pinjol yang tersedia. Indodana menawarkan pinjaman dengan batas maksimal yang tinggi dan jangka waktu pengembalian yang panjang, yaitu hingga 12 bulan.

Selain itu, Indodana juga menyediakan fitur Paylater yang dapat digunakan di beberapa marketplace.

Namun, di balik kemudahan yang ditawarkan tersebut, tentu terdapat risiko yang harus ditanggung oleh pengguna Indodana apabila mereka terlambat membayar tagihan.

Terlebih lagi, peminjam tidak dapat memilih tenor sesuai keinginan mereka. Sistem secara otomatis menentukan tanggal jatuh tempo pembayaran.

Dalam hal ini, debt collector (DC) Indodana memiliki kemampuan untuk mengunjungi alamat rumah peminjam dan menghubungi kontak darurat saat melakukan penagihan.

BACA JUGA: Risiko Galbay di Pinjol Adakami dan Keluhan Konsumen Soal Cara Penagihan DC yang Kasar

Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui risiko yang terkait dengan Indodana Paylater sebelum mengajukan pinjaman.

Risiko Galbay di Pinjol Indodana

Dikutip dari support.indodana.id, berikut adalah risiko jika galbay tagihan di Pinjol dan Paylater Indodana.

  1. Pembayaran tagihan harus dilakukan tepat pada tanggal jatuh tempo yang telah ditentukan.
  2. Anda akan terus dihubungi oleh DC online Indodana untuk mengingatkan agar segera melakukan pembayaran tagihan.
  3. Jika Anda galbay membayar tagihan akan dikenakan denda keterlambatan sesuai dengan kebijakan yang berlaku di Indodana dan akan tercantum dalam kontrak pinjaman.
  4. Kegagalan pembayaran juga akan mempengaruhi reputasi kredit Anda di Indodana, yang dapat berdampak pada sulitnya mengajukan pinjaman di masa depan baik di Indodana maupun di lembaga keuangan lainnya.

Untuk menghindari denda keterlambatan dan menjaga reputasi kredit Anda, sangat penting untuk membayar tagihan tepat waktu sesuai dengan tanggal jatuh tempo yang telah ditentukan.

Jika Anda mengalami kesulitan dalam melakukan pembayaran, disarankan untuk berkomunikasi dengan tim DC Indodana dan membicarakan tanggal pembayaran yang dapat Anda penuhi, meskipun tetap ada risiko dikenakan denda keterlambatan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan