Tilang Elektronik Belum Efektif, Polda Jabar Kembali Terapkan Tilang Manual

JABAR EKSPRES – Penindakan tilang secara manual akan kembali diterapkan oleh Kepolisian Daerah Jawa Barat (Polda Jabar) pada bulan Juni 2023 nanti.

Direktorat Lalulintas (Dirlantas) Polda Jabar, Kombes Pol Wibowo menjelaskan bahwa hal itu sesuai petinjuk dari Korlantas Polri dalam rangka mengoptimalisasi dan peningkatan penegakan hukum lalulintas.

“Karena masih banyak beberapa jalan atau lokasi yang belum terkover oleh ETLE (tilang elektronik) dan ada beberapa pelanggaran lalulintas yang belum terdeteksi kamera ETLE, khususnya pelanggaran-pelanggaran berpotensi kecelakaan lalin, maka ini ini menjadi dasar utama pemberlakuan tilang manual,” ungkapnya di Mapolda Jabar, Kota Bandung, Jum’at (19/5).

Wibowo menjelaskan, dalam melakukan penindakan tilang manual pihaknya akan melakukan beberapa langkah seperti sertifikasi personel atau petugas kepolisian.

“Kita juga aka lakukan assesment terhadap personel-personel yang sudah bersertifikasi, tujuan dari assesment yaitu harapannya, anggota betul-betul memiliki integritas, attitude, perilaku, dan moral yang baik,” katanya.

Sehingga dengan hal tersebut, ia berharap cara pandang masyarakat hingga personel di lapangan saat melakukan penindakan tilang dapat berjalan dengan baik.

“Jumlah personel yang akan diujikan assesment sebanyak 129 personel yang sudah memiliki sertifikasi lantas. Jadi sudah bersertifikasi, kemudian memiliki lulus uji assemment. Maka harapannya, tidak ada lagi pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan oleh anggota seperti yang terjadi di masa lalu,” pungkasnya

(San).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan