Berperan Aktif Tangani Perihal Anak, Kapolresta Bogor Terima 2 Penghargaan Ini

JABAR EKSPRES – Langkah Kapolresta Bogor Kota Kombes Pol Bismo Teguh Prakoso menggerakkan jajarannya dalam menangani perihal anak diapresiasi oleh Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) dan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).

Bismo Teguh Prakoso yang belum genap lima bulan memimpin Polresta Bogor Kota itu menerima penghargaan dari dua lembaga tersebut di di aula Parama Satwika Polresta Bogor Kota pada Jumat, 19 Mei 2023.

“Hari ini kami kedatangan Komnas Perlindungan Anak memberikan penghargaan terkait dengan berbagai konsen kami untuk mencegah anak menjadi korban kejahatan dan mencegah anak menjadi pelaku kejahatan,” ungkapnya usai menerima penghargaan.

BACA JUGA: Oknum Ormas Oren Berulah di Bogor, Netizen: Pantes!

Ia menyebut, pihaknya berupaya berperan aktif dalam upaya mencegah kejahatan anak dilakukan secara preventif.

Berbagai imbauan pencegahan kriminalitas dilakukan dengan pertemuan secara langsung, melalui program sambang warga, Jumat Curhat, dan lapor langsung ke Kapolresta.

Dirinya pun tak ragu menyebarkan nomor ponsel pribadinya kepada masyarakat.

“Polresta Bogor Kota memiliki concern yang maksimal terhadap anak. Karena tidak ada anak yang nakal, anak yang jahat atau anak yang berkelakuan yang kurang baik, tetapi yang ada hanya anak yang belum laik,” paparnya.

“Oleh karena itu, menjadi konsen kita melaksanakan kegiatan preventif daripada kegiatan represif. Utamanya, pada hal pembinaan terhadap anak anak kita, pada setiap kegiatan temu warga. Sehingga peran Polri sebagai katalisator, komunikator, dan mediator kita sampaikan kepada masyarakat,” lanjut Bismo.

BACA JUGA: Terdampak Pembangunan Jembatan Otista Bogor, Tirta Pakuan Segera Pindahkan Jalur Pipa Pemasok Air

Mantan Wakil Kapolres Metro Jakarta Barat itu menambahkan, terkait penghargaan yang diberikan BKKBN berkaitan dengan peran jajarannya yang juga concer dalam membantu pemerintah menurunkan angka stunting di Kota Bogor.

“Penghargaan dari BKKBN terkait dengan upaya-upaya kami untuk menurunkan angka stunting di wilayah Bogor Kota,” sebutnya.

Ketua Komnas PA, Arist Merdeka Sirait mengatakan, apresiasi dan penghargaan diberikan kepada Polresta Bogor Kota bukan hanya terkait penegakan hukum yang melibatkan anak, melainkan bagaimana Polresta menangani persoalan sosial yang mempengaruhi tindak pidana.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan