Seberapa Spesial Emas SEA Games Milik Timnas U-22 Indonesia ?

JABAR EKSPRES- Timnas U-22 Indonesia, berhasil keluar sebagai juara setelah mengalahkan Thailand di final SEA Games 2023 dengan skor 5-2. Hal ini menjadi kebanggaan bagi seluruh masyarakat Indonesia, Karena setelah penantian panjang akhirnya Indonesia dapat meraih kemenangan.

Ini merupakan medali emas ketiga Indonesia di SEA Games cabang olahraga Sepak bola, setelah terakhir kali mereka menjuarainya pada 1991 silam.

Timnas U-22 Indonesia memang sempat memiliki catatan buruk saat bertemu Thailand. Dari total 21 pertemuan, tim Garuda hanya mampu. mengalahkan Thailand 4 kali. Jumlah tersebut terjadi di edisi 1989, 1991, 2011, dan 2019.

Sedangkan Thailand berhasil mengalahkan Indonesia sebanyak 15 kali. Dua pertandingan sisanya berakhir imbang, yakni pada 1987 dan 2017 lalu.

Dari kemenangan ini, kita bisa melihat bahwa emas SEA Games yang di dapatkan tahun ini sangatlah spesial, terkhusus bagi para pemain sepak bola, umumnya bagi kita masyarakat Indonesia.

Adapun untuk bonus belum diketahui secara pasti berapa yang diterima dari para punggawa Garuda tersebut usai berhasil mengalahkan Thailand di final SEA Games edisi Kamboja kali ini.

Namun, sejauh ini pemerintah. sendiri mengeluarkan sekitar Rp130,5 miliar untuk para atlet Indonesia yang berhasil meraih medali SEA Games dan Erick Thohir juga menjanjikan bonus yang sepadan jika berhasil membawa pulang emas.

Di ajang kali ini, Indonesia mengirimkan kurang lebih 599 atlet dari 31 cabang olahraga. Selain itu, para atlet didampingi 230 official dan 55 tenaga medis.

Sejauh ini para atlet Indonesia sudah mengoleksi 233 medali yang terdiri dari:

  • 74 emas
  • 67 perak
  • 92 perunggu

Buat yang belum tau, Presiden Jokowi menargetkan Indonesia bisa meraih 69 emas. Itu artinya para atlet Indonesia berhasil mencapai target yang di berikan oleh Presiden Jokowi. Bahkan mampu melebihi target yang di berikan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan