Ridwan Kamil dan 16 Kepala Daerah, Habis Masa Jabatannya di 2023 Ini!

JABAR EKSPRES, BANDUNG – Asisten Daerah Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Jabar, Dedi Supandi menyebutkan, terdapat 16 kepala daerah termasuk Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil, yang akan habis masa jabatannya di tahun 2023 ini.

Dedi mengatakan, selain Ridwan Kamil, dalam waktu dekat ini ada penjabat (pj) Bupati Bekasi yang juga akan habis masa jabatannya.

“Kabupaten dan kota itu (ada) 15, ada yang selesai bulan Mei satu orang, September ada lima orang, bulan Oktober satu orang, November satu orang, dan Desember enam orang. Jadi, kalau ditotal dengan provinsi itu 16. Karena provinsi (gubernur) di bulan September selesai,” katanya, Rabu (17/5).

Sementara itu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar, sampai saat ini sudah mengusulkan tiga nama kepada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk pj kabupaten kota.

“Tentunya, provinsi sudah siapkan usulan tiga nama kepada pemerintah pusat. Nantinya, tim dari pemerintah pusat memilih dan memberikan SK (Surat Keputusan) kepada siapa calon yang menjabat (nantinya),” ucapnya.

Baca juga: Anggota DPR RI Mulyadi: Segera Realisasikan Perbaikan Jalan Citeureup-Sukamakmur!

Dedi menambahkan, kepala daerah yang akan habis di bulan Mei 2023 ini berasal dari Kabupaten Bekasi.

“Kepala daerah yang akan habis di bulan Mei (2023), sudah mengajukan tiga nama (sebagai penggantinya). Sampai saat ini, hasil yang ditetapkan siapanya, belum turun dari kementerian,” ungkapnya.

Sementara itu, Dedi menuturkan, kepala daerah dan gubernur yang habis di bulan September 2023, Pemprov Jabar akan mengusulkannya di bulan Agustus. Termasuk pengganti Gubernur Jabar, Ridwan Kamil.

“Usulannya DPRD Jabar sama saja, ada tiga nama. Nanti caranya, (akan ada) pola rapat konsultasi pimpinan. Hal tersebut, berguna untuk menyerap (usulan) dari fraksi-fraksi. Kira-kira, tiga namanya bisa ke DPRD,” ujarnya.

“Kalau berakhir September, data dari kementerian pada Juni ini, sudah ada pengajuan. Karena proses tidak hanya satu,” pungkasnya.

Berikut 16 nama-nama kepala Daerah di Jabar yang akan habis masa jabatannya pada tahun 2023, diantaranya:

1. Tanggal, 23 Mei 2023
-Kabupaten Bekasi

2. Tanggal, 22 Oktober 2023
-Kota Cimahi

3. Tanggal, 14 November 2023
-Kota Tasikmalaya

4. Tanggal, 5 September 2023
-Gubernur Jawa Barat

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan