Ga Mau Punya Fake Friends? Ini 3 Cara Mengetahui Sifat Asli Seseorang

JABAR EKSPRES – Mengetahui sifat asli seseorang bukanlah hal yang mudah karena tidak bisa hanya dinilai dari penampilannya saja. Sama seperti kata pepatah, “jangan menilai buku dari sampulnya”.

Bisa saja mereka yang berpenampilan kurang menarik di mata, ternyata memiliki hati yang baik. Sebaliknya, bisa saja mereka yang memiliki penampilan yang enak dipandang, ternyata seorang penjahat kelas kakap.

Di dalam Islam, untuk mengetahui sifat asli seseorang ternyata sangat mudah. Menurut Umar bin Khattab RA., ada 3 cara untuk mengetahui hal tersebut. Berikut caranya.

BACA JUGA: Ternyata Begini Pandangan Islam Tentang Pamer

  1. Safar

Hal ini dilakukan agar mengetahui bagaimana dia menanggapi keadaan senang maupun susah. Di setiap perjalanan pasti ada rasa tidak senangnya, maka dari sini kitab isa mengetahuinya.

Semakin jauh atau semakin lama perjalanan, maka kita akan semakin mengetahui sifat asli seseorang.

  1. Muamalah

Muamalah bukan hanya sekedar kegiatan jual beli, melainkan hal-hal yang berkaitan dengan uang. Apakah dia pelit, serakah, curang atau sifat lainnya.

Dengan adanya uang atau kegiatan muamalah lainnya, untuk tahu sifat asli seseorang akan semakin mudah. Terlebih mereka yang mudah tergoda dengan uang.

BACA JUGA: Tips Belajar Agama Walaupun Tanpa Pendidikan Formal

  1. Amanah

Ketika memberikan amanah kepada seseorang, akan sangat begitu mudah mengetahui sifat aslinya. Ada orang yang berubah setelah diberi amanah, dan ada juga yang tetap menjadi dirinya sama seperti sebelum menerima amanah.

Amanah bukanlah sesuatu yang main-main, pertanggungjawaban hal ini adalah ke Allah SWT. dan kepada semua orang yang dipimpinnya.

Demikianlah 3 cara mengetahui sifat asli seseorang menurut Umar bin Khattab RA. Jika kamu ingin tahu sifat asli teman-teman kamu, maka berilah salah satu dari 3 hal tersebut. (*)

BACA JUGA: Apa Hukum Dasar Paylater Dalam Islam? Ini Jawaban Al-Qur’an!

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan