Apa itu BTS? Bukan Boyband Korea, Ini Pengertian Proyek Tower, Jenis dan Komponennya

JABAR EKSPRES – Baru-baru ini, Kejaksaan Agung (Kejagung) menetapkan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate sebagai tersangka kasus korupsi dalam pengadaan tower Base Transceiver Station (BTS) 4G yang melibatkan Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) pada Kamis 16 Mei 2023. Apa itu BTS?

Jika mencari kata kunci apa itu BTS di mesin pencari Google, maka hasil utama yang muncul adalah Boygroup Korea Selatan bernama Bangtan Boys atau disingkat BTS. Namun dalam kasus korupsi yang menimpa Menkominfo Johnny G Plate ini, BTS yang dimaksu bukanlah boyband Korea selatan.

Berdasarkan keterangan yang dikutip dari Baktikominfo pada Kamis (16/3), Base Transceiver Station (BTS) adalah istilah yang digunakan untuk merujuk pada stasiun pemancar dalam bahasa Indonesia.

Tugas utama BTS adalah mengirim dan menerima sinyal radio ke berbagai perangkat komunikasi seperti telepon rumah, telepon seluler, dan perangkat elektronik lainnya. Bentuk tower BTS dapat bervariasi, mulai dari yang berbentuk kaki segi empat, kaki segitiga, hingga yang hanya berupa pipa panjang.

Kemajuan jaringan telekomunikasi di Indonesia terus meningkat dari waktu ke waktu. Komunikasi jarak jauh sekarang menjadi lebih nyaman dan dapat menjangkau wilayah yang lebih luas.

Salah satu faktor penyebabnya adalah peningkatan jumlah tower BTS yang tersebar di seluruh Indonesia. Biasanya, tower BTS lebih sering ditemui di pusat kota, sehingga tidak mengherankan jika kualitas sinyal di perkotaan cenderung lebih baik daripada di daerah pinggiran.

BACA JUGA: Menkominfo Johnny G Plate jadi Tersangka Korupsi BTS, Negara Rugi Rp8 T

Berikut pengertian tentang tower BTS, komponen, jenis-jenis dan cara kerjanya.

Pengertian Tower BTS

Apa itu BTS? Bukan Boyband Korea, Ini Pengertian Proyek Tower, Jenis dan Komponennya

BTS adalah kependekan dari singkatan Base Transceiver Station yang dalam bahasa Indonesia dikenal sebagai stasiun pemancar. BTS juga dikenal dengan sebutan Base Station (BS) dan Radio Base Station (RBS).

BTS memiliki peran penting dalam infrastruktur telekomunikasi untuk menghubungkan jaringan operator dengan perangkat komunikasi.

Fungsinya yang utama adalah mengirim dan menerima sinyal radio ke perangkat komunikasi seperti telepon rumah, telepon seluler, dan perangkat lainnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan