Teknologi AI Bikin Karyawan Tergantikan? Begini Cara Beradaptasi Dari Gempuran Kecerdasan Buatan

JABAR EKSPRES – Menurut Pakar IT Ahmad Faizun dari maplecode.id yang lagi ngingetin kita semua buat tetap beradaptasi sama perkembangan teknologi kecerdasan buatan (AI) yang semakin kencang dan bisa bikin pekerjaan kita terancam.

Dia ngomong kalo perubahan gede lagi terjadi, karena AI sekarang udah punya kecerdasan buat ngertiin, ngolah, dan ngambil kesimpulan dari informasi, beda banget sama kecerdasan manusia atau binatang.

“Nggak bisa kita hindarin perubahan ini, tapi banyak karyawan yang khawatir karena takut ntar pekerjaan mereka digantikan sama teknologi dalam waktu lima tahun,” kata Faizun dikutip dari Antara, Minggu, 14 Mei 2023.

Faizun juga ngebahas kalo kemampuan buat nyantumin sama perubahan ini itu penting banget, biar perkembangan AI nggak berdampak negatif. Salah satunya bisa lewat kursus dengan pendekatan ilmu pengetahuan, biar kita bisa lebih kompetitif dan punya daya saing.

Baca juga: Google Bard Teknologi AI Terbaru Yang Lagi Viral Pesaing Chatgpt, Begini Cara Daftarnya!

“Kalo kita ambil pendidikan dan kursus yang pas, itu bakal bantu banget buat menghadepin masa-masa kacau pas kita beralih ke masyarakat yang semakin bergantung sama teknologi,” katanya.

Dia juga meyakinkan kalo kemampuan tambahan itu bakal berguna banget pas kita masuk dunia kerja. Pemberi kerja bakal ngeliat kita sebagai aset atau sumber daya tambahan yang nggak bisa digantiin sama teknologi.

Selain itu, Faizun juga ngingetin pentingnya penelitian tambahan buat tau pekerjaan-pekerjaan yang kemungkinan bakal diotomatisasi di masa depan, dan kita harus antisipasi dengan penguatan sumber daya manusia.

“Sekitar setengah dari bisnis di luar sana udah mulai pake AI buat ngotomatiskan proses, ngeringkesin biaya, dan ngurangin pegawai,” katanya.

Profesi dengan cara kerja rutin dan perintah berulang akan tergerus di masa depan

Beliau memproyeksikan, ke depannya banyak pekerjaan yang bakal diganti sama teknologi AI atau robot.

“Contohnya, kayak penerjemah, paralegal, pegawai pemerintah yang urusannya birokrasi atau administrasi, atau pekerja pabrik yang bikin produk standar gitu, enggak yang khusus.” Ujar ahli keamanan siber.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan