Kebakaran Turbin PLTA Bengkok Bandung, Penyebab Listrik Padam!

JABAR EKSPRES – Kebakaran turbin Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Bengkok yang beralamatkan di Jalan Ir.H. Djuanda, Kelurahan Ciburial, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, terjadi pada Senin (15/5) malam.

Kepala Seksi (Kasi) Rescue Diskar PB Kota Bandung, John Erwin memaparkan, diduga kebakaran terjadi akibat kondisi overload.

“Hal tersebut, terjadi akibat penampungan dalam kondisi yang berlebihan. Akhirnya, turbin PLTA overload dan memercikkan api,” ujarnya, pada Selasa (16/5).

Dilansir dari Perusahaan Listrik Nasional (PLN), peristiwa kebakaran turbin PLTA Bengkok mengakibatkan pemadaman listrik di wilayah Kota Bandung.

Baca juga: Selamat! Indonesia Raih Medali Emas Cabor PUBG Mobile pada SEA Games 2023

Pemadaman listrik terjadi di wilayah Dago, Dago tengah, Bukit Pakar, Bukit Pakar Timur, Hegarasih, Sekejolang, dan Terusan Ekologi.

Selanjutnya, Erwin mengungkapkan, pihaknya mendapatkan laporan terjadinya kebakaran di turbin PLTA Bengkok pada pukul 21.38 WIB.

Ketika terjadi kebakaran, petugas gardu sudah berusaha memadamkan api menggunakan alat-alat seadanya.

Namun, api sulit dipadamkan dan tidak bisa ditangani. Akhirnya, petugas gardu segera menghubungi pemadam kebakaran terdekat.

Setelah itu, mobil kebakaran sebanyak empat unit diturunkan untuk memadamkan gardu di lokasi tersebut.

Akhirnya, api berhasil dipadamkan dengan menggunakan alat pemadam api ringan atau APAR.

Turbin PLTA Bengkok yang terbakar memiliki luas sebesar 1,5 meter persegi. Serta, memiliki luas keseluruhan sebesar 480 meter persegi.

Hingga saat ini, petugas belum bisa memastikan kerugian akibat peristiwa tersebut.

Baca juga: Pemkot Bandung Berikan Pelatihan Jahit Gratis, Catat Waktunya!

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan