UTBK 2023 Banyak Yang Gugur! Apa Alasannya? Cek Statusmu!

JABAR EKSPRES – Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2023 untuk masuk perguruan tinggi melalui jalur SNBT saat ini sedang berlangsung. Bagi para peserta yang mengikuti jalur ini, tentu mengharapkan kelulusan dan dapat di terima di perguruan tinggi yang di inginkan. Namun, seleksi yang ketat menyebabkan beberapa peserta tidak dapat lolos.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui jumlah peserta UTBK 2023 yang di pastikan tidak lulus dan faktor-faktor penyebab ketidaklulusan tersebut. Bagi peserta yang mengikuti seleksi melalui jalur UTBK SNBT, terdapat beberapa hal yang perlu di ketahui dan di pahami. Pendaftaran untuk jalur ini sudah di tutup sejak pertengahan April 2023.

Hingga akhir pendaftaran UTBK SNBT, terdapat 803.853 peserta yang telah menyelesaikan proses pendaftaran melalui akun mereka. Jumlah ini berasal dari total 1.294.263 calon pendaftar. Dari angka tersebut, setidaknya terdapat 490.410 peserta yang di pastikan tidak lulus dalam UTBK 2023 ini.

Ketidaklulusan ini terjadi jika peserta tidak menyimpan akun pendaftaran UTBK secara permanen, yang otomatis mengakibatkan di skualifikasi. Selain itu, ketidaklulusan juga terjadi jika peserta melewatkan batas waktu yang telah di umumkan sebelumnya.

Di sisi lain, jumlah kursi yang tersedi a untuk penerimaan UTBK berbeda-beda untuk setiap program studi dan perguruan tinggi. Saat ini, belum ada informasi mengenai jumlah siswa yang akan di terima atau di tolak.

Bagi peserta yang sedang mengikuti ujian UTBK, tidak perlu terlalu khawatir pada tahap ini. Yang terpenting adalah memberikan usaha terbaik untuk mencapai hasil maksimal. Setelah itu, kita dapat melihat pengumuman kelulusan sesuai dengan jadwal yang di tentukan. Dengan usaha maksimal, hasil yang di peroleh dapat menjadi lebih baik.

Pada bagian sebelumnya, telah di bahas tentang jumlah peserta UTBK 2023 yang di pastikan tidak lulus. Jumlah ini di dapatkan dari peserta yang tidak menyelesaikan proses finalisasi selama periode pendaftaran.

BACA JUGA : Link Pendafataran UTBK -SBMPTN 2023

Oleh karena itu, bagi peserta yang telah menyelesaikan pendaftaran dan sedang mengerjakan ujian, tidak perlu khawatir. Kita masih dapat memaksimalkan kesempatan yang ada untuk di nyatakan lulus.

Tinggalkan Balasan