Bocoran Soal Tes TKD BUMN 2023 dan Core Values Lengkap Kunci Jawaban

JABAR EKSPRES – Untuk mempersiapkan diri dalam tahapan rekrutmen Bersama BUMN 2023, disarankan untuk mempelajari contoh bocoran soal TKD BUMN dan Core Values beserta kunci jawaban pembahasannya.

Tes Kemampuan Dasar (TKD) merupakan salah satu tahapan penting dalam rekrutmen tersebut. Walaupun pendaftaran rekrutmen seharusnya dibuka pada tanggal 5 Mei, namun ditunda menjadi tanggal 11 Mei 2023.

Penundaan bertujuan untuk memberikan kesempatan lebih bagi para calon talenta muda agar mempersiapkan diri secara optimal.

Kami telah menyediakan beberapa contoh bocoran soal TKD BUMN dan materi Core Values beserta dengan kunci jawaban dan pembahasannya yang dapat dipelajari untuk mempersiapkan diri menghadapi tes.

Dengan berlatih soal, diharapkan peserta dapat meningkatkan kesiapan dalam menghadapi tes tersebut. Selain TKD, tes Core Values juga harus dipersiapkan dengan baik oleh peserta.

Tes ini juga bertujuan untuk mengukur pemahaman dan pengetahuan peserta mengenai prinsip dan nilai-nilai BUMN, yaitu AKHLAK (Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif).

BACA JUGA: Kunci Jawaban Psikotes dan Contoh Soal untuk Latihan di Rumah

Bocoran Contoh Soal TKD BUMN dan Core Values Lengkap dengan Kunci Jawaban

Agar dapat mencapai hasil tes TKD dan Core Values yang memuaskan, kami menyarankan peserta seleksi untuk mempelajari beberapa bocoran contoh soal dan pembahasannya yang telah kami sediakan di bawah ini:

Contoh Soal Tes Kemampuan Dasar (TKD) 2022

  1. Aberasi = …

a) Pengelompokan

b) Peleraian

c) Penyimpangan

d) Perkelahian

e) Pengikisan

Pembahasan

Jawaban C.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata aberasi berarti penyimpangan atas sesuatu yang normal.

  1. Epigon >< …

a) Fenomena

b) Fauna

c) Fiksi

d) Maestro

e) Forum

Pembahasan

Jawaban D. Maestro

Epigon adalah orang yang tidak memiliki gagasan baru dan hanya mengikuti jejak pemikiran yang mendahuluinya. Sementara itu, lawan kata atau antonimnya adalah maestro, yakni orang yang ahli dalam bidang seni.

  1. Oven : ______ = ______ : Foto

a) Pemanggang : Album

b) Roti : Kamera

c) Gosong : Model

d) Matang : Fotografer

e) Panas : Lensa

Pembahasan

Jawaban B. Roti : Kamera

Analogi di atas adalah berpola A alat untuk menghasilkan B. Maka analogi pertama yang berlaku adalah oven adalah alat untuk menghasilkan roti, sedangkan analogi yang kedua yakni kamera adalah alat untuk menghasilkan foto.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan