Huruf B pada Transmisi All New Ayla, Apa Gunanya?

JABAR EKSPRES – PT Astra Daihatsu Motor (ADM) kembali merilis mobil All New Ayla generasi terbaru dengan perubahan secara menyeluruh. Perubahan yang terlihat dengan adanya transmisi D-CVT.

Transmisi D-CVT atau Dual Mode Continuously Variable Transmission ini memiliki kemiripan dengan Rocky dan Xenia. Namun, terlihat perbedaan dari mobil All New Ayla.

Perbedaan yang terlihat dari transmisi yang terpasang pada mobil All New Ayla, antara lain, P, D, S, dan B. Urutan tersebut sangat berbeda dengan transmisi Rocky dan Xenia yaitu, P, N, D, S, dan L.

Huruf P biasa digunakan untuk memarkirkan mobil, D untuk memulai kendaraan, dan S merupakan kependekan dari Slope yang berfungsi saat berkendara secara agresif. Ketika menyalip kendaraan lain atau jalan menanjak.

Fungsi Transmisi B

Selanjunya, untuk transmisi B pada mobil All New Ayla, ternyata memiliki arti Brake yang berfungsi ketika melewati turunan terjal.

Baca juga: Servis Motor Setelah Mudik? Ini Hal yang Wajib Kamu Perhatikan!

Product Planning Division Head PT Astra Daihatsu Motor, Anjar Rosjadi, memaparkan sebenarnya fungsi huruf B pada transmisi mobil All New Ayla sama dengan fungsi L pada mobil biasanya.

“(Transmisi All New Ayla) huruf B, sebenarnya sama dengan penggunaan transmisi L. Ketika pengendara sedang berada di jalan yang menurun terjal untuk menahan laju kendaraan, seperti engine brake,” ujarnya pada Kamis (12/5).

“Jadi, saat pengendara menghadapi turunan terjal menggunakan B, lebih aman karena laju mobil tidak meluncur bebas,” lanjutnya.

Ketika melewati turunan panjang di daerah Kaliurang, mobil All New Ayla yang sudah dalam kondisi transmisi posisi B, akan memberikan efek berupa deselerasi seperti engine brake sehingga dapat membantu kinerja pengereman agar lebih maksimal.

Lain halnya dengan Slope atau S, putaran rpm akan otomatis naik ketika tuas digeser. Sama halnya dengan menurunkan transmisi dari gigi atas ke lebih rendah, sehingga tenaga lebih besar saat melewati tanjakan atau menyusul kendaraan di depan.

“Posisi S atau Slope ideal ketika mesin membutuhkan tenaga ekstra untuk menyusul kendaraan lain atau menaklukkan tanjakan. Tetapi, akan lebih besar memakan konsumsi bahan bakar,” pungkasnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan