Breaking News! Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan Dilaporkan atas Kasus Dugaan Korupsi

JABAR EKSPRES – Aktivis Pemuda Bandung Barat melayangkan laporan terhadap Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan ke KPK pada 11 Mei 2023. Hal ini terkait dengan dugaan aksi korupsi dalam rotasi, promosi, dan mutasi jabatan di wilayah Pemerintahan Kabupaten Bandung Barat.

Bilal Al Fariz selaku Ketua Aktivis Pemuda Bandung Barat mengatakan bahwa ada pihak lain yang terlibat selain Hengky Kurniawan terkait kasus dugaan korupsi dalam rotasi, promosi, dan mutasi jabatan di wilayah Pemerintahan Kabupaten Bandung Barat.

Walaupun begitu, Bilal Al Fariz enggan untuk menjabarkan lebih rinci terkait siapa saja pihak yang dilaporkannya ke Bagian Pengaduan Masyarakat KPK. Sekarang mereka sedang menantikan tindak lanjut dari lembaga antirasuah di Indonesia itu.

BACA JUGA: Babak Baru OTT Yana Mulyana: KPK Panggil Enam Orang sebagai Saksi

“Kami warga Bandung Barat mendorong upaya penyidikan dan penyelidikan yang akan dilakukan KPK atas laporan kami terkait terjadinya korupsi rotasi, mutasi dan promosi yang dilakukan Bupati Bandung Barat Hengki kurniawan dan kroninya,” ucap Ketua Aktivis Pemuda Bandung Barat di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta pada Kamis (11/5)).

Adapun laporan yang dilakukan muncul setelah adanya ‘permainan’ yang dilakukan oleh Hengky Kurniawan dan oknum pejabat lainnya yang ingin mendapatkan akselerasi kenaikan jabatan tanpa mengikuti sistem yang ada.

Diduga, Bupati Bandung Barat tersebut abai tehadap aturan alih jabatan. Dalam aturan tersebut dijelaskan bahwa kenaikan pangkat harus dilakukan secara bertahap dan tidak boleh melebihi satu jenjang.

“Padahal tidak boleh dari eselon 4A langsung ke eselon 3A. Atau kalau ASN berkinerja baik, maka PPK (Pejabat Pembina Kepegawaian) melakukan promosi ke jabatan lain yang kedudukannya lebih tinggi secara berjenjang dan tidak boleh loncat melewati satu jenjang,” kata Bilal Al Fariz.

BACA JUGA: KPK: Korupsi Di Indonesia Sudah Menjadi Budaya Bangsa

Di lain sisi, Plt Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK Asep Guntur memaparkan bahwa pihaknya belum mau berkomentar banyak terkait kasus dugaan korupsi yang dilakukan oleh Bupati Bandung Barat tersebut.  Walaupun begitu, kasus dugaan korupsi dalam rotasi jabatan pernah ada di beberapa daerah dan sudah diproses oleh KPK.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan