Jadi Langganan Banjir, Cibaduyut akan Dibangun Rumah Pompa tapi Terkendala Hal ini

JABAR EKSPRES – Persoalan banjir di Kota Bandung masih belum usai hingga saat ini. Disaat memasuki musim penghujan, beberapa ruas jalan menjadi langganan banjir diantaranya Jalan Cibaduyut.

Seorang warga Cibaduyut, Nanda (21) mengaku bahwa banjir semakin menjadi semenjak ada flyover. Dikatakannya, banjir menjadi semakin parah.

Baca Juga: Jadi Langganan Banjir, Cibaduyut akan Dibangun Rumah Pompa tapi Terkendala Hal ini 

“Sebelum ada flyover banjir di Cibaduyut gak begitu parah, memang sih suka banjir apalagi di bagian terowongan di bawah jalan tol perbatasan kabupaten, lumayan banjirnya, terus sesudah ada flyover kalau hujan besar banjir semakin parah bahkan di stopan juga,” kata Nanda, Kamis 11 Mei 2023.

Menurutnya, banjir di Cibaduyut bukan hal yang terjadi baru-baru ini. Meski pun demikian, Ia berharap agar Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung untuk segera mengatasi hal tersebut dengan membenarkan drainase.

“sebagai warga Cibaduyut pastinya resah, pingin ada solusi dari Pemkot Bandung agar cepat membetulkan drainase supaya tidak banjir, soalnya permasalahan banjir di Cibaduyut apalagi di terowongan itu di zaman dulu gak rubah-rubah,” jelas Nanda.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi C DPRD Kota Bandung, Agus Gunawan menyebutkan agar drainase di ruas jalan banjir di kota Bandung bisa secepatnya diperbaiki, serta disiapakan juga rumah pompa air.

“saya berharap drainase diperbaiki, karena titik banjir sendiri kan sudah bekurang, untuk itu disiapkan juga rumah pompa, mengenai drainase sendiri harus ada kerja sama dengan Kabupaten Bandung, Karena di Kabupaten Bandung drainase mengecil. Seperti misalnya di Cibaduyut begitu air masuk ke jalan tol masuk Kabupaten di situ drainse kecil masuk ke drainase,” ucap Agus saat dihubungi belum lama ini.

Menurutnya, perlu juga kerjasama dengan Kabupaten Bandung perlu untuk sama-sama mengentaskan permasalahan banjir, selain itu pihak provinsi Jawa Barat juga perlu terlibat agar drainasenya bisa secepatnya diperbaiki.

Mengenai pasokan air dari wilayah Kabupaten Bandung yang sering mengalir ke Kota Bandung.

“Jadi saya harap ada kerjasama dengan Kabupaten Bandung harus sama-sama mengatasi banjir ini. Coba kalau di Kota Bandung drainasenya besar tapi kalau gitu tetap banjir diperbatasan jadi saya kira harus melibatkan provinsi agar perbatasan antara Bandung dan Kabupaten Bandung drainasenya bisa diperbaiki,” jelas Agus.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan