Charge HP Ga Boleh 100 Persen, Masa Sih?

JABAR EKSPRES – Konon, agar baterai HP tetap sehat maka tidak boleh di-charge hingga 100 persen. Kita hanya diperbolehkan men-charge-nya hanya hingga 80 persen saja agar baterai HP tetap sehat.

Tetapi, apakah faktanya seperti itu?

BACA JUGA: Kabar Gembira! Para Kreator TikTok Bakal Kecipratan 50 Persen Pendapatan Iklan

Emang Boleh Charge HP hingga 100 Persen?

Berdasarkan Android Central, ketika sedang charge baterai lithium (komponen yang sering digunakan pada HP) bukanlah yang bagus jika kita mengisinya hingga kapasitas full. Tapi, saat perangkat HP menuliskan 100 persen, sebenarnya HP tersebut tidaklah benar-benar terisi dengan penuh.

Di zaman sekarang, HP memiliki sistem pintar (smart system) dalam urusan charge HP. Sirkuit kontrol daya atau manajemen daya pada HP memiliki perangkat khusus yang berfungsi untuk mengatur keluar masuknya daya di HP. Hal ini membuat baterai bakal diisi dengan paling efisien dan aman.

Akan tetapi, hal ini bukan menjadi pembenaran untuk kamu meninggalkan HP dalam keadaan ter-charge semalaman. Hal ini merupakan cikal bakal terjadinya ledakan pada HP karena over heat atau terlalu panas.

BACA JUGA: Yuk Intip Samsung Galaxy A24! Berapa Sih Harganya?

Kesimpulan

Dengan kecanggihan teknologi yang dimiliki oleh HP, maka kita dapat men-charge HP hingga penuh dengan tenang tanpa perlu cemas untuk mencabutnya saat masih di angka 80 persen. Hal yang perlu dihindari adalah membiarkan HP di-charge semalaman penuh hingga meletakkan HP di bawah bantal. Hal ini sangatlah berbahaya.

Kita patut bersyukur bahwa saat ini telah banyak fitur cerdas untuk kamu yang suka charge HP selama semalaman. Berkat fitur night charging membuat pengisian daya baterai bakal disesuaikan dengan jam tidur pemiliknya. Saat pemiliknya tidur, pengisian baterai hanya sampai 80 persen dan ketika pemiliknya bangun, barulah kecepatan pengisian daya kembali normal. (*)

BACA JUGA: Rekomendasi iPhone Dengan Baterai Paling Awet

Tinggalkan Balasan