Anak 4 Tahun di Sikka Meninggal Terkena Rabies, Pahami Gejala dan Cara Penanganannya

Melansir Alodokter, terdapat beberapa tindakan pertolongan pertama yang dapat dilakukan ketika seseorang baru saja digigit oleh binatang yang diduga terinfeksi virus rabies.

BACA JUGA: Islam Memperbolehkan Memelihara Anjing, Asalkan….

Tindakan yang Harus Dilakukan untuk Penanganan Rabies

Berikut adalah beberapa tahapan tindakan pertolongan pertama yang dapat dilakukan pada seseorang yang baru saja terkena gigitan hewan yang diduga terinfeksi virus rabies:

  • Tekan bagian yang terluka dengan kain bersih atau kain kasa jika terdapat pendarahan aktif untuk menghentikan pendarahan
  • Cuci luka gigitan atau cakaran dengan air dan sabun selama 10-15 menit
  • Oleskan alkohol 70% atau cairan antiseptik yang mengandung povidone iodine ke luka tersebut
  • Segera pergi ke rumah sakit untuk mendapatkan pertolongan lebih lanjut.

Ketika berada di rumah sakit, tindakan yang dilakukan oleh dokter adalah membersihkan kembali luka yang disebabkan oleh gigitan atau cakaran binatang yang diduga terinfeksi virus rabies.

Selanjutnya, dokter akan memberikan serum dan vaksin rabies pada penderita dengan tujuan untuk membantu sistem kekebalan tubuh melawan virus rabies dan mencegah terjadinya infeksi dan peradangan pada otak.

Namun, jika virus rabies telah menyebar ke otak, penanganannya akan lebih sulit karena belum ditemukan metode yang benar-benar efektif untuk mengatasi kondisi ini.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan