Kenalan dengan Coldplay, Band yang Akan Konser di Indonesia

Jabar Ekspres – Sebagian besar warga Indonesia dengan dihebohkan dengan pengumuman mengenai Band Coldplay yang akan menggelar konsernya pertama kali dalam sejarah.

Akan digelar pada 15 November 2023 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK). Kabar konser ini disambut dengan baik oleh sebagian besar masyarakat di Indonesia.

Namun, tidak sedikit pula masyarakat Indonesia yang tidak mengetahui band asal Britania Raya tersebut. Nah bagi kamu yang ingin mengetahui tentang band Coldplay, kamu bisa menyimak artikel ini.

Coldplay adalah band rock yang dibentuk di London, Britania Raya pada tahun 1996. Band ini terdiri dari Chris Martin sebagai vokalis utama, gitaris Jonny Buckland sebagai gitaris utama, Guy Berryman pada bass, dan drummer Will Champion.

Chris Martin pernah menyebut bahwa genre musik band bergenre ” limestone rock” daripada “hard rock”. Di Music Of The Spheres, gaya band bergeser ke musik luar angkasa, bereksperimen dengan genre berbeda dengan gaya dunia lain, seperti space rock, ambient, dan synth pop.

Pada tahun 2000, Coldplay menjadi terkenal dengan merilis single “Don’t Panic”, pada tahun yang sama album debut mereka “Parachutes” juga dinominasikan Mercury Prize.

BACA JUGA: Catat Tanggalnya! Baby Metal Siap Konser di Indonesia

Album kedua mereka, “A Rush of Blood to the Head” (2002), memenangkan beberapa penghargaan seperti Album of the Year dari NME. Pada saat yang sama, single album “Clocks” memenangkan Record of the Year di Grammy Awards ke-46. Album berikutnya “X&Y”, menjadi album terlaris di dunia tahun 2005. Album keempat mereka, “Viva la Vida or Death and All His Friends” (2008), diproduksi oleh Brian Eno dan mendapat ulasan positif, beberapa nominasi Grammy dan memenangkan Grammy, Penghargaan ke-51.

Pada tahun 2011 mereka merilis album kelima mereka, “Mylo Xyloto”, yang mendapat ulasan beragam, menduduki puncak tangga lagu di 34 negara dan merupakan album rock terlaris di Inggris tahun 2011.

Pada Maret 2014, mereka mengumumkan bahwa album keenam mereka yang berjudul “Ghost Stories” dirilis pada tanggal 19 Mei 2014. Tahun berikutnya, Coldplay merilis album “A Head Full of Dreams” pada 4 Desember 2015.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan