Catat! Tips Cara Menjawab Kelebihan dan Kekurangan Diri saat Interview Kerja

Jabar Ekspres – Tips Cara Menjawab Kelebihan dan Kekurangan Diri saat Interview Kerja. Mempunyai sebuah pekerjaan tentunya menjadi sebuah impian yang diinginkan oleh banyak orang. Untuk bisa mendapatkan sebuah pekerjaan, biasanya kita harus mengikuti beberapa tahapan sampai pada akhirnya kita bisa lolos dan resmi sebagai karyawan di suatu perusahaan.

Namun untuk mencapai peresmian saat kita resmi menjadi karyawan, terkadang kita terkendala dalam proses tahapan rekrutmen, seperti salah satunya adalah tahapan interview atau wawancara.

Tahapan seringkali dianggap enteng oleh sebagian besar pelamar dikarenakan mereka pikir hanya tinggal menjawab pertanyaan. Namun, ternyata tidak semudah itu untuk bisa menembus tahapan interview ini.

Ada banyak yang harus kamu siapkan secara matang ketika akan menjalan proses tahapan interview. Sehingga recruiter pun akan menilai kamu dengan baik dan kesannya tidak menjawab asal-asalan.

Selama interview kerja pada dasarnya tidak ada jawaban benar atau salah. Biasanaya HRD atau recruiter memberikan pertanyaan-pertanyaan itu tujuannya untuk melihat bagaiamana cara kamu berpikir, seberapa jauh kamu mengenal diri kamu sendiri dan juga untuk meyakinkan recruiter bahwa kamu adalah orang yang cocok untuk pekerjaan ini.

Lalu, bagaimana sih cara menjawab interview atau interview kerja yang baik dan benar?

BACA JUGA: Daftar Lowongan Kerja Bandung April 2023

Tips Cara Menjawab Kelebihan dan Kekurangan Diri saat Interview Kerja:

Pertanyaan ini biasanya tidak pernah absen ketika kita sedang melakukan interview kerja, lalu bagaimana sih menjawab pertanyaan kelebihan dan kekurangan diri sendiri ini dia tips nya:

1. Kelebihan:

  • Jujur

Jawablah pertanyaan dengan jujur dan jangan pernah berbohong atas jawaban ini, namun jangan juga menjadikan kamu sebagai seseorang yang jumawa. Karena di kemudian hari, kamu harus membuktikan apa yang kamu ucapkan. Jika kamu berbohong nantinya kamu sendiri yang akan menimpa resikonya bukan?

  • Ceritakan konteks

Ketimbang sekedar menjawab “saya mampu A,B,C” lebih baik kamu menceritakan hal-hal yang telah kamu capai, bagaimana prosesnya, hambatan apa yang kamu lalui dan bagaiaman cara kamu mengatasinya dan waktu yang kamu butuhkan untuk mencapai hasil tersebut.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan