Contoh Soal UTBK SNBT Biologi: Mempersiapkan Diri untuk Tes Masuk PTN, Beserta Kunci Jawabannya!

JABAR EKSPRES – Berikut ini adalah contoh soal UTBK SNBT Biologi, yang bisa jadi bahan latihan kamu mengikuti tes Perguruan tinggi negeri.

Tampaknya, tahun 2023 akan menjadi tahun yang sibuk bagi para calon mahasiswa yang akan mengikuti UTBK SNBT.

Tidak tanggung-tanggung, pelaksanaan tes ini dibagi menjadi 2 gelombang yang dijadwalkan berlangsung pada 8 hingga 14 Mei 2023 untuk gelombang pertama dan 22 hingga 28 Mei 2023 untuk gelombang kedua.

Mengupas lebih dalam mengenai materi yang diujikan, tampaknya penalaran matematika akan menjadi salah satu daftar yang harus dihadapi oleh para calon peserta.

Melalui tes potensi skolastik dan tes literasi, peserta akan diuji dalam kemampuan berpikir kritis dan analitis dalam berbagai bahasa, seperti bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

Yang menarik, adalah soal biologi akan menjadi poin penting dalam pengukuran kemampuan peserta UTBK SNBT 2023.

Para peserta diharapkan dapat memperlihatkan kemampuan berpikir yang matang dan berlandaskan konsep, prosedur, fakta, yang umum digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Baca Juga: Sulit Cari Kerja? Coba Deh 7 Aplikasi Penghasil Uang Tanpa Modal yang Pastinya Menguntungkan

Jadi, bagi calon mahasiswa yang akan mengikuti UTBK SNBT 2023, persiapkan dirimu sebaik-baiknya untuk menghadapi berbagai tantangan yang akan datang.

Siapkan diri secara mental dan fisik, serta tingkatkan kemampuan berpikirmu dalam penalaran matematika. Dengan begitu, peluangmu untuk memperoleh hasil yang memuaskan di UTBK SNBT 2023 semakin besar. Semangat!

Berikut ini adalah contoh soal UTBK SNBT biologi dan penjelasannya:

1. Sebuah sel bakteri memiliki diameter 1 µm. Berapakah volume sel bakteri tersebut?

Jawaban: Volume = π × (diameter/2)^2 × tinggi sel = 3,14 x (1 µm / 2)^2 x 1 µm = 0,785 µm^3

2. Apa yang dimaksud dengan fotosintesis? Jelaskan tahapannya.

Jawaban: Fotosintesis adalah proses sintesis senyawa organik yang dilakukan oleh tumbuhan dan sebagian besar alga. Tahapan fotosintesis meliputi reaksi terang dan reaksi gelap.

Pada tahap reaksi terang, sinar matahari diabsorpsi oleh pigmen fotosintesis pada membran tilakoid kloroplas. Selanjutnya, energi yang diperoleh digunakan untuk memecah molekul air menjadi oksigen dan hidrogen. Pada tahap reaksi gelap, karbon dioksida diambil dari udara dan diubah menjadi senyawa organik melalui siklus Calvin-Benson.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan