4 Investasi Reksadana Terbaik, Risiko Rendah Diklaim Cocok bagi Pemula

JABAR EKSPRES – Ada 4 investasi reksadana terbaik menjadi rekomendasi penawaran untuk investasi pemula.

Pasalnya investasi reksadana terbaik yang dijelaskan dalam artikel ini merupakan jenis investasi yang dinilai memiliki risiko yang rendah.

Bahkan investasi reksadana disebut-sebut menawarkan keuntungan tinggi bagi para calon investor pemula.

BACA JUGA: Coba Investasi Reksadana di Bibit, Cocok untuk Pemula dan Untung!

Sebagai informasi, reksadana saham (RDS) merupakan reksadana yang mengalokasikan minimal 80 persen dana kelolaannya pada produk saham. Manajer investasi mengelola produk reksadana dengan cara membeli dan menjual saham.

Adapun keuntungan dan kerugian dalam investasi ini didapat dari kenaikan maupun penurunan harga saham.

Investasi ini juga cocok sebagai investasi jangka panjang lebih dari 5 tahun, karena dalam jangka pendek nilainya sangat fluktuiatif.

tak hanya itu, investasi ini dinilai lebih aman dari segi risiko dibandingkan dengan saham, hal ini lah yang dapat menjadi pertimbangan investo pemula.

Keunggulan Reksadana dibanding Saham

1. Nominal investasi lebih terjangkau

Seperti diketahui bahwa dalam saham kita harus membeli minumum 1 lot atau 100 lembar saham dengan harga per lot beragam. Namun dalam reksadana, investasi dapat dimulai dengan nominal Rp10.000.

2. Tidak serumit saham

Dalam reksadana, RDS dikelola langsung oleh ahlinya, yaitu manajer investasi. Manajer investasilah yang akan menganalisis dan memutuskan saham mana yang akan dia beli dan jual. Jadi, investasi reksadana dinilai cocok untuk pemula.

3. Risiko investasi lebih rendah

Dalam saham kamu dituntut untuk pintar menganalisis, sehingga kamu harus memiliki perhitungan matang dalam menentukan pembelian atau penjualan saham. Sedangkan dalam reksadana kamu lebih aman dari risiko kerugian.

4. Bebas Pajak

Penjualan saham akan dikenakan pajak sebesar 0,1 persen dan dividen yang kamu terima juga akan kena pajak sebesar 10 persen. Akan tetapi, reksadana bebas pajak, jadi inilah yang bisanya menjadi pertimbangan pemula untuk mulai berinvestasi.

5. Otomatis Diversifikasi Investasi ke Saham Terbaik

Hal menarik dalam investasi reksadana adalah bisa langsung secara otomats diversifikasi investasi ke saham.

Sebagai informasi, diversifikasi investasi adalah strategi investasi untuk mengoptimalkan keuntungan dan meminimalisir risiko investasi. Berinvestasi pada RDS berarti secara tidak langsung kamu berinvestasi pada beberapa saham terbaik pilihan manajer investasi sekaligus.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan