Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami yang Mudah Dilakukan di Rumah

JABAR EKSPRES – Ketombe adalah masalah umum yang di alami oleh banyak orang, yang mengganggu dan dapat menyebabkan rasa gatal dan bersisik pada kulit kepala. Selain itu, kehadiran ketombe juga dapat mempengaruhi penampilan seseorang jika serpihan ketombe terlihat pada pakaian mereka, yang dapat mengurangi rasa percaya diri. Namun, ada beberapa cara mudah untuk menghilangkan ketombe.

Penyebab utama ketombe adalah kulit kepala kering, kurangnya perhatian pada kebersihan rambut, pemakaian shampo yang tidak sesuai dengan jenis rambut, dan residu shampo yang masih menempel pada kulit kepala.

baca artikel lainnya: Mitos VS Fakta seputar Hubungan Seksual dan Kulit Glowing!!

Ada dua jenis ketombe: basah dan kering. Ketombe basah memiliki ukuran yang besar, berwarna kekuningan, berminyak, dan menempel pada kulit kepala dan rambut. Ketombe kering, di sisi lain, memiliki ukuran yang kecil, berwarna putih, dan mudah jatuh di batang rambut dan bahu. Keduanya dapat menyebabkan rasa gatal pada kulit kepala.

Berikut adalah beberapa cara yang dapat di gunakan untuk menghilangkan ketombe.

Pertama, minyak kelapa yang dapat mengobati eksim dan keadaan kulit kepala kering yang menyebabkan ketombe. Minyak kelapa juga dapat menghidrasi kulit kepala. Caranya adalah dengan mengoleskan dua sendok minyak kelapa pada kulit kepala, diamkan selama 1 jam, kemudian bersihkan dengan shampo dan bilas hingga bersih.

Kedua, aloe vera yang memiliki sifat antibakteri dan antijamur yang bermanfaat untuk membasmi jamur dan bakteri penyebab ketombe. Anda dapat menggunakan shampo anti-ketombe yang mengandung aloe vera atau langsung mengoleskannya pada rambut dan bilas hingga bersih.

Ketiga, tea tree oil yang memiliki senyawa aktif yang bersifat antimikroba dan antiinflamasi, yang dapat membantu menghilangkan ketombe. Caranya adalah dengan mencampur 2-3 tetes tea tree oil dengan minyak kelapa dan mengoleskannya pada kulit kepala secara merata.

Keempat, cuka apel yang mampu menyeimbangkan pH kulit, mengurangi pertumbuhan jamur, dan melawan ketombe. Anda dapat menambahkan 1 sendok makan cuka apel ke dalam shampo yang akan Anda gunakan dan menggunakan bersamaan sebelum membilasnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan