Apa Itu Vaksin HPV? Disebut Bisa Cegah Kanker Serviks

JABAR EKSPRES – Benarkah vaksin HPV bisa cegah kanker? Berikut penjelasan lebih lengkap seputar apa itu vaksin HPV di bawah ini.

Seperti yang disampaikan oleh Menteri Kesehatan RI, bahwa kanker payudara paling banyak diderita oleh perempuan dan yang kedua yaitu kanker serviks.

Pemerintah juga sedang melakukan upaya untuk memenuhi alat deteksi dini untuk penanganan kanker pada wanita, pria, maupun anak-anak.

“Kanker payudara paling banyak diderita perempuan, kita sudah memasang 6000 USG, mudah-mudahan 10.000 USG bisa kita penuhi tahun ini. Kedua ada serviks, kita sudah wajibkan vaksinasi HPV. Testingnya nanti kita geser dari tes IVA dan papsmear ke HPV DNA, ini untuk pencegahan,” kata Menteri Kesehatan dikutip Jabarekspres.com dari rilis di web Kemkes.

Kemudian ramai di media sosial, ada warganet yang melakukan vaksin HPV dan mengulas seputar info vaksin HPV yang disebut dapat mencegah kanker serviks.

Lantas apa itu vaksin HPV?

Mengutip dari laman Hallo Sehat, vaksin HPV merupakan jenis vaksin yang mempunyai tujuan untuk mencegah penyakit karena human papillomavirus.

Virus human papillomavirus (HPV) pada wanita dapat menyebabkan kanker leher Rahim, kanker vulva, kanker vagina, kutil kelamin dan juga anus.

Sedangkan virus HPV pada seorang pria bisa menyebabkan kanker anus, kutil kelamin, dan kanker penis.

Jadi, intinya imunisasi HPV ini memiliki fungsi hanya untuk mencegah infeksi HPV seperti kanker serviks atau kutil kelamin.

Akan tetapi, untuk mencegah berbagai jenis penyakit kelamin lainnya tidak dapat dilakukan dengan vaksin ini.

Seperti penyebab bakteri (klamidia, gonorea, dan sipilis), parasit (trikomoniasis) dan virus lainnya (hepatitis B, herpes genital, HIV, zika) tidak dapat dicegah dengan vaksin HPV.

Untuk mencegah berbagai penyakit kelamin lainnya tetap memerlukan cara liannya.

Selain, vakin HPV dapat mencegah kanker serviks atau kutil kelamin. Vaksin ini juga memungkinkan untuk melindungi kamu dari kanker mulut dan tenggorokan.

Itulah informasi seputar apa itu vaksin HPV dan tujuan penggunaan vaksin ini untuk pencegahan kanker serviks atau kulit kelamin.

BACA JUGA:  Jadwal dan Lokasi Vaksin 1, 2 dan Booster Kota Bogor Mei 2023

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan