Pemkot Bandung Jamin, Operasional TPA Cicabe Hanya Sementara

BANDUNG, JABAR EKSPRES – Adanya proses normalisasi TPA Sarimukti, Pemerintah Kota Bandung kembali mereaktivasi eks TPA Cicabe, yang berlokasi di Kecamatan Mandalajati, Kota Bandung.

Pelaksana Harian (plh) Wali Kota Bandung, Ema Sumarna menegaskan, operasional Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cicabe hanya diberlakukan sementara. Pengoperasian akan dilakukan sampai TPA Sarimukti kembali berjalan normal.

“Kalau TPA Sarimukti sudah normal sepekan atau dua pekan ke depan, kita kembali ke sana,” ujar Ema Sumarna, 5 Mei 2023.

Ema menjelaskan, dalam situasi normal setiap harinya sekitar 1.200 ton sampah diangkut ke TPA Sarimukti. Namun dengan adanya proses normalisasi di TPA Sarimukti, sekitar 500-600 ton sampah tidak dapat terangkut.

BACA JUGA: Menyoal Program Kang Pisman, Sudah Tidak Efektif?

Hal ini yang kemudian menjadi dasar pemkot mengaktifkan kembali TPA Cicabe, sebagai opsi tempat pembuangan sampah yang bersifat sementara.

Ema menjelaskan, kini di TPA Sarimukti tengah dilakukan pembangunan terkait akses di salah satu zona. Yang apabila telah rampung, pembuangan sampah akan kembali berjalan normal.

“Ada akses yang akan dimaksimalkan. Kalau itu semua sudah normal, kita akan kembali ke sana. Kita akan berikan edukasi penanganan sampah ke masyarakat,” katanya.

Ema optimis, upaya penangan sampah di Kota Bandung akan berjalan normal dan semakin baik. Tentunya dibarengi dengan upaya pendekatan seperti edukasi, terkait cara pengelolaan sampah kepada masyarakat.

“Kota ini milik bersama. Mari bertanggung jawab secara proporsional, mana yang menjadi tanggung jawab pemerintah, mana yang menjadi partisipasi masyarakat,” tandasnya. (Mg1)

BACA JUGA: Upaya Optimalisasi Sampah Kota Bandung, TPA Cicabe Hanya Sanggup Tampung 1.000 Ton

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan