Kisah Rusdi Kirana, Dari Calo Tiket Jadi Bos Maskapai

JABAR EKSPRES- Kamu pasti udah nggak asing lagi dengan maskapai penerbangan Lion Air. Di balik kesuksesan Lion Air sebagai salah satu maskapai terbesar di Indonesia, ada sosok Rusdi Kirana, selaku pendiri maskapai tersebut. Berikut adalah perjalanan hidup kisah Rusdi Kirana.

Rusdi Kirana lahir pada 17 Agustus 1963 di Cirebon, Jawa Barat. Tumbuh dan berkembang di keluarga pedagang menjadikan Rusdi Kirana nggak asing lagi dengan dunia usaha, serta menjadikannya sebagai seorang yang hemat dan pekerja keras.

Rusdi Kirana menempuh pendidikan di Fakultas Ekonomi Universitas Pancasila, sesuai dengan passion-nya sebagai wirausahawan. Di masa mudanya, ia sudah mencoba berbagai pekerjaan, seperti sales produk mesin ketik dan calo tiket pesawat di Bandara Soekarno Hatta.

Pada 1990, Rusdi Kirana dan saudaranya, Kusnan Kirana membangun sebuah perusahaan biro perjalanan bernama Lion Tour. Lion Tour beroperasi selama 9 tahun melayani pengurusan visa, paspor dan antar-jemput bandara.

BACA JUGA : Cara Mudah Mendapatkan Saldo Dana Gratis 50 Ribu 

Setelah modal mereka terkumpul, Rusdi dan Kusnan membeli pesawat Boeing 737-200 dengan modal $10 juta atau Rp148,37 miliar. Dari sinilah awal mula maskapai penerbangan Lion Air.

Pada Juni 2000, Rusdi dan Kusnan resmi mendirikan PT Lion Mentari Airlines dengan konsep low cost carrier dengan tagline “We Make People Fly”.

Lion Air disambut baik oleh masyarakat, bahkan dalam sebulan, Lion Air berhasil menerbangkan lebih dari 600 ribu penumpang. Maskapai ini pun berkembang pesat hingga mampu menambah armada pesawat dan anak perusahaan mereka.

Bos maskapai penerbangan Lion Air, Rusdi Kirana juga pernah menjabat sebagai Duta Besar RI untuk Malaysia periode 2017-2020.

Rusdi dan Kusnan sempat menduduki peringkat ke-38 dalam daftar 50 orang terkaya di Indonesia versi majalah Forbes pada 2019. Namun, pada 2020, nama dua bersaudara ini sudah nggak ada lagi di daftar tersebut.

Itulah Kisah Rusdi kirana dalam menjalani lika liku kehidupannya, mulai dari calo tiket hingga jadi bos maskapai.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan